Agustia, Mela (2023) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MODEL PBL-NETWORKED BERBASIS ETNOSAINS MATERI ZAT & PERUBAHANNYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT ENTREPRENEURSHIP SISWA. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.
![]() |
Text
A. Tesis Mela Agustia P2A521013.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
B. cover.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
C. Lembar persetujuan, lembar pengesahan.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
D. ABSTRAK.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
E. BAB I.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
F. KESIMPULAN.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
F. KESIMPULAN.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
G. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (137kB) |
Abstract
Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik memiliki life skill (kecakapan hidup) yang relevan dengan perkembangan ilmu pengentahuan sehingga terbentuk peserta didik yang aktif dan mandiri. Oleh karena itu penting dilakukan penanaman minat enterepeneurship sejak dini. Melalui model pembelajaran PBL-Networked berbasis etnosains guru dapat memfasilitasi siswa mengembangkan pengetahuan melalui jejaring pakar yang ada didaerah sekitar sehingga pembelajaran lebih bermakna. Belum adanya modul ajar kurikulum merdeka yang terintegrasi kearifan lokal menjadi kesulitan guru dalam menyiapkan dan menyampaikan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi terhadap guru dan siswa di SMPN 4 Sungai Penuh pengembangan modul ajar berbasis model PBL-Networked berbasis etnosains sangat perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar model PBL-Networked berbasis etnosains yang layak menurut ahli desain pembelajaran dan ahli materi serta praktis menurut praktisi dan mengetahui efektivitas modul ajar model PBL-Networked berbasis etnosains terhadap pemahaman konsep dan minat entrepreneueship siswa SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi prosedur pengembangan Dick & Carey yang terdiri dari 10 tahapan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif, N-gain dan uji MANOVA. Hasil penelitian pengembangan ini berupa modul ajar model PBL-Networked berbasis etnosains yang layak digunakan. Berdasarkan penilaian ahli dengan kriteria sangat baik untuk kesemua aspek yang dinilai (materi dan desain pembelajaran). Kepraktisan penggunaan perangkat dari guru dinilai sangat praktis, dan keterbacaan dinilai sangat baik oleh siswa. Modul ajar juga efektif terhadap peningkatan pemahaman konsep dan minat entrepreneurship siswa secara signifikan, berdasarkan hasil uji One way MANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang kurang dari tingkat signifikansi α = 0,005. Sehingga terdapat perbedaan rata-rata peningkatan pemahaman konsep dan minat entrepreneurship siswa yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan modul ajar model PBL-Networked berbasis etnosains dan siswa yang menggunakan modul ajar yang sudah tersedia di platform merdeka belajar. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar model PBL-Networked berbasis etnosains materi zat dan perubahannya layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat entrepreneurship siswa
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mela Agustia |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 01:47 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 01:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |