PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPS MATERI JENIS USAHA EKONOMI KELAS V SEKOLAH DASAR

SYEBA SIMATUPANG, YOLANDA (2023) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN IPS MATERI JENIS USAHA EKONOMI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Yolanda_Syeba_Simatupang_A1D119043_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (191kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Simatupang, Yolanda Syeba. 2023. Penerapan Model Mind Mapping Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Muatan IPS Materi Jenis Usaha Ekonomi Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd.,M.Si., (II) Indra Gunawan, S.Sn., M.Sn. Kata Kunci: Minat Belajar, Model Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model mind mapping dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada muatan IPS materi jenis usaha ekonomi kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 134/1 Merbau dengan jumlah peserta didik 11 orang yang terdiri dari 4 laki-laki dan 7 perempuan. Data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar obervasi minat belajar siswa dan juga lembar observasi aktivitas guru yang menggunakan model mind mapping. Langkah-langkah penerapan model mind mapping yaitu menjelaskan serta memberitahukan kompetensi secara singkat tentang materi pelajaran, peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dalam membuat peta pikiran, dalam kelompok peserta didik bekerja membuat peta pikiran, peserta didik mempresentasikan hasil kelompok, dari pembelajaran yang sudah berlangsung ditarik sebuah kesimpulan, memberi evaluasi sebelum berakhirnya pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan minat belajar IPS peserta didik terlihat dari lembar observasi pada siklus I minat belajar peserta didik 59,94%. Meningkat pada siklus II menjadi 77,83% dengan kategori 3 (baik). Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan minat belajar peserta didik pada muatan IPS materi jenis usaha ekonomi kelas V sekolah dasar dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran mind mapping.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MINAT BELAJAR MODEL MIND MAPPING
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Simatupang
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:46
Last Modified: 15 Jun 2023 01:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50120

Actions (login required)

View Item View Item