CONCEPTUAL UNDERSTANDING SISWA SMA PADA TOPIK GETARAN HARMONIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI

Wulandari, Dwi (2023) CONCEPTUAL UNDERSTANDING SISWA SMA PADA TOPIK GETARAN HARMONIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text
SKRIPSI DWI WULANDARI (A1C319002).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang dalam memahami suatu materi dan dapat mengungkapkan kembali materi yang telah dipelajari. Pemahaman siswa pada suatu konsep dapat diketahui melalui kemampuan berargumentasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dan hubungan antara conceptual understanding (pemahaman konsep) dan kemampuan berargumentasi siswa pada materi Getaran Harmonik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu korelasional. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 73 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampelnya yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar soal tes diagnostik five-tier materi Getaran Harmonik dan angket kemampuan berargumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi person. Data penelitian yang diperoleh dilakukan uji hipotesis yaitu uji korelasi person dengan taraf signifikasi 5% dan diperoleh hasil sebesar 0,515 dengan kategori “sedang”. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara conceptual understanding dan kemampuan berargumentasi siswa pada materi Getaran Harmonik di kelas XI IPA SMAN 8 Kota Jambi yaitu semakin tinggi conceptual understanding maka semakin tinggi pula kemampuan berargumentasi. Kata Kunci: Conceptual Understanding, Kemampuan Berargumentasi, Getaran Harmonik

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Conceptual Understanding, Kemampuan Berargumentasi, Getaran Harmonik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Wulandari
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:38
Last Modified: 19 Jun 2023 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50543

Actions (login required)

View Item View Item