PENGEMBANGAN INSTRUMEN MISKONSEPSI BERFORMAT FIVE-TIER YANG BERBASIS WEB PADA MATERI GERAK PARABOLA

Putri, Puji Liani (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN MISKONSEPSI BERFORMAT FIVE-TIER YANG BERBASIS WEB PADA MATERI GERAK PARABOLA. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
COVER.pdf

Download (444kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (205kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL PUJI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Miskonsepsi atau salah konsep menunjukkan pada suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima para pakar dalam bidangnya Miskonsepsi menjadi kendala bagi peserta didik untuk memahami dan menguasai materi yang dipelajari atau yang akan dipelajari karena miskonsepsi dapat dikatakan sebagai kesalahan. Kesalahpahaman tersebut dapat menjadi penghambat dalam proses pembelajaran terutama pada pelajaran fisika yang menuntut intelektual yang cukup tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan instrumen miskonsepsi berformat five-tier berbasis web pada materi Gerak Parabola. Untuk mengetahui kelayakan dan respon pengguna terhadap pengembangan instrumen miskonsepsi beformat five-tier berbasis web materi Gerak Parabola. Penelitian merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan prosedur pendefinisian, perancangan, dan pengembangan (4-D) yang bertujuan unutk mengetahui proses pengembangan dan tingkat kelayakan website untuk mengidentifikasi miskonsepsi. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pada penelitian ini data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar yang diberikan oleh validator pada proses validasi. Sedangkan data kuantitatif dalam penelitian ini merupakan hasil validasi ahli media, validasi ahli assessment, validasi praktisi dan respon pengguna. Hasil uji validasi ahli dan respon pengguna kemudian dianalisis secara statistik deskripsif menggunakan skala likert. Hasil dari pengembangan website ini dapat di akses melalui alamat: https://migerbol.creative-ku.com/. Website yang dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli media dan didapatkan persentase kelayakan produk 75% (kategori “valid”) oleh validator I dan 87% (kategori “sangat valid”) oleh validator, adapun hasil dari validator ahli praktisi 88% (kategori “sangat valid”). Sedangkan hasil uji coba atau respon pengguna yang dilakukan pada 60 peserta didik kelas X IPA SMAN 5 Batanghari dengan persentase yang diperoleh kemudahan 87% (kategori “sangat baik”), ketertarikan 87% (kategori “sangat baik”). Berdasarkan keseluruhan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa website yang telah dikembangkan layak untuk digunakan. Dapat disimpulkan bahwa instrumen miskonsepsi berformat five-tier yang berbasis website dapat mengidentifikasi miskonsepsi pada materi gerak parabola. Kata Kunci: Gerak Parabola, Miskonsepsi, Pembelajaran Fisika, Website, Five- Tier

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: putri
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:57
Last Modified: 04 Jul 2023 07:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51430

Actions (login required)

View Item View Item