Putri HR, Dian (2023) Strategi Pengembangan Agroindustri Nanas (Kasus pada UMKM Srikandi di Desa Jati Mulyo Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Jati Mulyo pada UMKM Srikandi. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) dalam pengembangan agroindustri nanas pada UMKM Srikandi di Desa Jati Mulyo Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 2) Menganalisis alternatif strategi dalam pengembangan agroindustri nanas pada UMKM Srikandi di Desa Jati Mulyo Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 3) Menganalisis prioritas alternatif strategi dalam pengembangan agroindustri nanas pada UMKM Srikandi di Desa Jati Mulyo Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Metode analisis data yang digunakan yaitu: 1) Analisis faktor-faktor internal dan eksternal untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. 2) Matrik SWOT untuk merumuskan alternatif strategi. 3) Analisis AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk mendapatkan prioritas strategi yang memungkinkan dapat diterapkan dalam pengembangan agroindustri nanas pada UMKM Srikandi di Desa Jati Mulyo Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan agroindustri nanas pada UMKM Srikandi di Desa Jati Mulyo menggunakan strategi ST yang mengkombinasikan antara kekuatan untuk mengatasi ancaman dengan alternatif strategi yang memungkinkan untuk dapat diterapkan seperti (S1) Menciptakan beragam inovasi baru olahan nanas untuk peningkatan daya beli konsumen. (S2) Mengutamakan kualitas produk akan memperluas cakupan pemasaran dan menarik minat konsumen untuk membeli makanan yang aman, sehat dan tidak mengandung bahan berbahaya. (S3) mengantisipasi alih fungsi lahan dengan melakukan kerja sama yang baik dengan pemasok bahan baku yang berkualitas. (S4) Memanfaatkan modal yang ada untuk melakukan promosi online yang lebih insentif. (S5) Memberikan harga produk yang terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas produk guna mempertahankan konsumen. Prioritas dari faktor SWOT diatas adalah Memberikan produk yang terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas produk guna mempertahankan konsumen. This research was conducted in the village of Jati Mulyo on UMKM Srikandi. The aims of this research are: 1) To analyze internal factors (strengths and weaknesses) and external factors (opportunities and threats) in developing the pineapple agro-industry for Srikandi in Jati Mulyo Village, Dendang District, East Tanjung Jabung Regency. 2) Analyzing alternative strategies in the development of the pineapple agro-industry for Srikandi UMKM in Jati Mulyo Village, Dendang District, East Tanjung Jabung Regency. 3) Analyze the priority of alternative strategies in the development of the pineapple agro-industry for Srikandi UMKM in Jati Mulyo Village, Dendang District, East Tanjung Jabung Regency. Data analysis methods used are: 1) Analysis of internal and external factors to determine strengths, weaknesses, opportunities and threats. 2) SWOT Matrix to formulate alternative strategies. 3) Analysis of AHP (Analytical Hierarchy Process). The results of the study show that the development of the pineapple agro-industry for Srikandi UMKM in Jati Mulyo Village uses the ST strategy which combines strengths to overcome threats with alternative strategies that allow it to be implemented such as (S1) Creating a variety of new processed pineapple innovations to increase consumer purchasing power. (S2) Prioritizing product quality will expand the scope of marketing and attract consumers to buy food that is safe, healthy and does not contain harmful ingredients. (S3) anticipating land conversion by doing good cooperation with suppliers of quality raw materials. (S4) Utilizing existing capital to carry out more incentive online promotions. (S5) Providing affordable product prices while maintaining product quality in order to retain consumers. The priority of the SWOT factors above is to provide affordable products while maintaining product quality to retain consumers.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alternatif Strategi, Analisis SWOT, Analisis AHP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | HR |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 03:13 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 03:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |