PENGARUH METODE STORY TELLING BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LABORA ISLAM DESA MANDALO INDAH

Finarsih, Finarsih (2023) PENGARUH METODE STORY TELLING BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LABORA ISLAM DESA MANDALO INDAH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK 2.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB 1 =2.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB V =2.pdf

Download (11kB)
[img] Text
COVER 2.pdf

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA 2.pdf

Download (240kB)
[img] Text (Skripsi)
paraprase harus diselesaikan_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (201kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Finarsih. 2023. Pengaruh Metode Story Telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Labora Islam Desa Mandalo Indah . Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si , M.Pd (II) Winda Sherly Utami , M.Pd Kata Kunci: Story Telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kemampuan berbicara pada masa kanak-kanak merupakan salah satu aspek terpenting dalam perkembangannya dari. Perkembangan kemampuan bicara anak sebaiknya dimulai sejak usia dini. Karena anak-anak seusia ini bisa menangkap dan belajar dengan sangat mudah. Ketika seorang anak tumbuh, perkembangan bicara meningkat.dimana kemampuan berbicara anak ini dapat di kembangkan melalui metode Story Telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun dengan tema lingkungan tempat tinggal dan menggunakan wayang di tk labora islam desa mandala indah.”??”. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh Pengaruh Metode Story Telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Labora Islam Desa Mandalo Indah”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Metode Story Telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Labora Islam Desa Mandalo Indah”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent control group desain . Populasi dalam peneltiian ini adalah anak kelompok B di TK Labora Islam Desa Mandalo Indah, selanjutnya pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan terpilih kelompok B1 dan B2 dan dalam penelitian ini kelompok B1 sebagai kelas kelas eksperimen dan B2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang sesuai dengan panduan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di kelompok B1 sebagai kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 162, sedangkan rata-rata kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di di kelompok B2 sebagai kelas kontrol sebesar 166 dan pada (posttest) setelah di beri perlakuan pada kelompok eksperimen itu meningkat. Pada kelompok B1 sebagai kelas eksperimen sebesar 223 sedangkan pada kelas B2 sebagai kelas kontrol tidak di berikan perlakuan itu sebesar 172. Hasil uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar 2.492 dan untuk t table, yaitu 1,710 yang artinya t hitung lebih besar > dari t table, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga yang dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak ABSTRACT Finarsih. 2023. The Effect of Story Telling Methods Based on Local Wisdom Using Wayang Media on the Speaking Ability of Children Aged 5-6 Years at Labora Islam Kindergarten, Mandalo Indah Village. Thesis. Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Jambi University, Advisor (I) Dr. dr. Evita Anggereini, M.Sc , M.Pd (II) Winda Sherly Utami , M.Pd Keywords: Story Telling Based on Local Wisdom Using Wayang Media on Children's Speaking Ability The ability to speak in childhood is one of the most important aspects of its development from. The development of children's speech skills should start at an early age. Because children of this age can catch and learn very easily. When a child grows, speech development increases. Where this child's speaking ability can be developed through the Story Telling Method Based on Local Wisdom Using Wayang Media on Children's Speaking Ability. The formulation of the problem in this study is "Is there any influence of the local wisdom-based story telling method on the speaking ability of children aged 5-6 years with the theme of the environment where they live and use wayang in Islamic Labora Kindergarten in Mandala Indah Village?" The hypothesis in this study is that there is an influence of the Story Telling Method Based on Local Wisdom Using Wayang Media on the Speaking Ability of Children Aged 5-6 Years at Labora Islam Kindergarten in Mandalo Indah Village. The purpose of this study was to determine the effect of the Story Telling Method Based on Local Wisdom Using Wayang Media on the Speaking Ability of Children Aged 5-6 Years at Labora Islam Kindergarten in Mandalo Indah Village. This type of research is experimental research using nonequivalent control group design. The population in this study were group B children at Labora Islam Kindergarten in Mandalo Indah Village, then sampling in this study used purposive sampling and selected groups B1 and B2 and in this study group B1 was the experimental class and B2 was the control class. The research instrument used was an observation sheet in accordance with the observation guide. The results showed that the average speaking ability of children aged 5-6 years in group B1 as an experimental class before being given treatment (pretest) was 162, while the average speaking ability of children aged 5-6 years in group B2 as a control class of 166 and in (posttest) after being given treatment in the experimental group it increased. In group B1 as the experimental class it was 223 while in class B2 as the control class it was not given the treatment of 172 The results of the t test show the decision making value, which is equal to 2,492 and for t table, which is 1,710 which means that t count is greater than t table, then H0 is rejected and H1 is accepted, so that it can be concluded that there is the influence of the local wisdom-based story telling method using puppet media on children's speaking ability

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: story telling berbasis kearifan lokal menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Finarsih
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:10
Last Modified: 10 Jul 2023 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51530

Actions (login required)

View Item View Item