Valentina, Adinda (2023) Pembelajaran Teks Persuasi Berbasis Pendekatan MIKiR di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (37kB) |
Abstract
Valentina Adinda. 2023. Pembelajaran Teks Persuasi Berbasis Pendekatan di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. (II) Priyanto, S.Pd,. M.Pd. Kata Kunci: pendekatan MIKiR, teks persuasi. Penelitian Ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran pada materi teks persuasi dengan pendekatan MIKiR mulai dari perencanaa, pelaksanaan sampai pada tahap evaluasi dalam mencapai indikator pembelajaran pada SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus (case study research). Sumber data penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menurut Creswell (2015) yaitu wawancara, observasi dan analisis dokumen. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu, mengeIompokkan data, membuat memo, mendeskripsikan, mengkIasifikasikan, dan menafsirkan data menjadi kode dan tema. Hasil penelitian mendeskripsikan pembelajaran MIKiR yaitu terdapat perencanaan, pelakasanaan, dan penilaian. Kesimpulan pada perencanaan pembelajaran MIKiR yang perlu di dirancang yaitu skenario pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media, dan bahan ajar (LKPD) yang disusun dengan memperhatikan unsur mengalami, interaksi, komunikasi dan refleksi. Pelaksanaan unsur MIKiR tidak selalu dalam urutan yang sama karena dapat dilakukan secara berulang dan teknik penilaian menggunakan kurikulum 2013 meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran teks persuasi berbasis MIKiR meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian atau evaluasi. Pembelajaran teks persuasi berbasis pendekatan MIKiR menitiberatkan kepada peserta didik agar lebih aktif, kolaboratif, interaktif dan komunikatif dengan pendekatan MIKiR pendidik hanya bertindak sebagai fasilitator atau sebagai pemandu saat proses pembelajaran berlangsung.Pelaksanaan unsur MIKiR tidak selalu dalam urutan yang sama karena dapat dilakukan secara berulang. Valentina Adinda. 2023. Approach-Based Persuasive Text Learning at Class VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Thesis, Department of Education Language and Literature, FKIP University of Jambi, Advisors: (I) Drs. R Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. (II) Priyanto, S.Pd,. M.Pd. Keywords: MIKiR approach, persuasion text. This study aims to describe learning in persuasive text material with the MIKiR approach starting from planning, implementation to the stage evaluation in achieving learning indicators at SMP Negeri 30 Muaro Jambi. This study uses a qualitative approach. This type of research is a case study (case study research). The data sources for this study were Indonesian and Indonesian language teachers students at SMP Negeri 30 Muaro Jambi. This study uses a collection technique data according to Creswell (2015) namely interviews, observation and document analysis. This study uses data analysis techniques, namely, grouping data, making memo, describe, classify, and interpret data into codes and theme. The results of the study describe MIKiR learning, namely there is planning, implementation, and assessment. Conclusion on the MIKiR lesson plan need to be designed, namely learning scenarios, learning implementation plans (RPP), media, and teaching materials (LKPD) which are prepared by taking into account the elements experience, interaction, communication and reflection. The implementation of MIKiR elements is not always in the same order as it can be repeated and scoring techniques using the 2013 curriculum includes attitude assessment, knowledge assessment, and skills assessment The conclusion from this study is that the MIKiR-based persuasion text learning includes planning, implementation and assessment or evaluation.. Text learning persuasion based on the MIKiR approach focuses on students to be more active,collaborative, interactive and communicative with the MIKiR educator approach only act as a facilitator or as a guide during the learning process takes place.Implementation of the MIKiR elements is not always in the same order as it may be performed repeatedly.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MIKiR approach, persuasion text. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | VALENTINA |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:25 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |