Analisis Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) dan Pengaruhnya Terhadap Kreativitas Peserta Didik pada Materi Termokimia di SMAN 1 Muaro Jambi

Afifah, Nufya Yoelfita (2023) Analisis Penggunaan Model Numbered Heads Together (NHT) dan Pengaruhnya Terhadap Kreativitas Peserta Didik pada Materi Termokimia di SMAN 1 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Bab 1 .pdf

Download (64kB)
[img] Text
Bab 5 .pdf

Download (14kB)
[img] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (53kB)

Abstract

Kreativitas sangat penting dikembangkan karena mendorong peserta didik lebih produktif. Dalam kegiatan pembelajaran kreativitas dapat dikembangkan melalui kegiatan bertanya dan menjawab pertanyaan, keaktifan, ekspresif serta ide yang muncul dalam pembelajaran. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran memerlukan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Model NHT merupakan model yang dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model NHT dan pengaruhnya terhadap kreativitas peserta didik pada materi termokimia di SMAN 1 Muaro jambi. Desain Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan strategi triangulasi konkruen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksananan model NHT sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil kreativitas peserta didik pada materi termokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model NHT oleh pendidik dan peserta didik mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. Diperoleh rata-rata keterlaksanaan model NHT oleh peserta didik selama 3 pertemuan sebesar 2.57 dengan persentase sebesar 64,18%. Dalam penelitian ini diperoleh hasil perhitungan koefisien korelasi = 0,78, t hitung =6,6881, t tabel =1,6991. Jadi t hitung > t tabel (6,6881 > 1,6991) dengan α = 5% dan dk = 31 – 2 =29 dan koefisien determinasi = 0,6067 atau 60,67% sehingga dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak . Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model NHT pada materi termokimia di kelas XI MIPA 2 telah terlaksana pada ketegori baik dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model NHT terhadap kreativitas peserta didik pada materi termokimia di SMAN 1 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Heads Together (NHT), Kreativitas, Termokimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Afifah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:18
Last Modified: 06 Jul 2023 07:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51711

Actions (login required)

View Item View Item