Oktaria, Pelinsia (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (406kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
2019_skripsi_PELINSIA OKTARIA_A1D119091_upload.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (439kB) |
Abstract
ABSTRAK Oktaria, Pelinsia. 2023. Penerapan Model Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Penerapan, Kooperatif, Make a match, Media kartu gambar, Motivasi Belajar Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar matematika peserta didik kelas V SDN 155/I Sungai Buluh karena proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah, membuat peserta didik merasa proses pembelajaran menjadi membosankan dan mata pelajaran matematika dianggap sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 155/ I Sungai Buluh dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match berbantuan media kartu gambar. Penelitian ini dilakukan di SDN 155/I Sungai Buluh pada 20 Maret - 20 April 2023. Subyek penelitian ini adalah kelas V SDN 155/1 Sungai Buluh. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana data yang diambil berupa data observasi melalui lembar pengamatan peserta didik dan lembar pengamatan guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan media Kartu Gambar. Penelitian ini dilaksanakan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model kooperatif Tipe Make a Match berbantuan media kartu gambar mampu untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V di SDN 155/I Sungai Buluh. Dalam kondisi awal hanya mencapai 46%, maka pada siklus pertama meningkat menjadi 62% dan pada siklus kedua meningkat menjadi 92%. Berdasarkan hasil riset ini, disarankan bagi guru kelas dapat untuk mencoba menggunakan model kooperatif Tipe Make a Match berbantuan media kartu gambar. Dalam hal ini disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif Tipe Make a Match berbantuan media kartu gambar mampu untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V di SDN 155/I Sungai Buluh. Terbukti dengan keberhasilan motivasi belajar matematika peserta didik yang meningkat dari siklus 1 dan pada siklus 2.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Kooperatif, Make a match, Media kartu gambar, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | OKTARIA |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:29 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |