SITEPU, CHEPTIANA FERONIKA (2023) analisis literatur model pembelajaran collaborative inquiry dan penguasaan konsep pada model pembelajaran fisika. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI CHEPTIANA FERONIKA SITEPU.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (914kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (254kB) |
Abstract
Sitepu, Cheptiana Feronika. 2023. Analisis Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Inquiry Terhadap Penguasaan Konsep Melalui Studi Literatur. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd., (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: collaborative inquiry, penguasaan konsep, studi literatur Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Collaborative Inquiry terhadap penguasaan konsep fisika siswa dengan menggunakan studi literatur. Berdasarkan literatur yang telah dianalisis masih banyak model pembelajaran yang diterapkan belum menjadikan siswa menjadi pusat pembelajaran dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan para siswa menjadi kurang aktif. Permasalahan tersebut mejadi salah satu faktor rendahnya penguasaan konsep siswa terhadap pelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan analisis deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan cara mengumpulkan jurnal-jurnal, artikel, dan skripsi terdahulu dengan memanfaatkan teknologi website Google Scholar. Pengumpulan literatur didasarkan pada tiga kategori yaitu kategori Collaborative Inquiry, kategori penguasaan konsep, dan kategori Collaborative Inquiry terhadap penguasaan konsep. Setelah pengumpulan data dilakukan peneliti menemukan sebanyak 39 literatur yang berkaitan dengan ketiga kategori tersebut. Dari hasil analisis pada kategori Collaborative Inquiry diperoleh 8 poin penting dengan dua tertinggi diantaranya adalah kemampuan penguasaan konsep (60%) dan kemampuan kolaborasi siswa (46,67%). Hasil analisis pada kategori penguasaan konsep diperoleh 3 poin penting dengan poin tertinggi yaitu kemampuan penguasaan konsep siswa (100%). Pada kategori Collaborative Inquiry terhadap penguasaan konsep diperoleh tiga poin penting dengan dua poin tertinggi yaitu kemampuan penguasaan konsep siswa (100%) dan kemampuan kolaborasi siswa (100%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Collaborative Inquiry dapat menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran sehingga mampu meningkatkan penguasaan konsep siswa mendukung siswa dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | collaborative inquiry, penguasaan konsep, studi literatur |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SITEPU |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 03:42 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 03:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |