Sinurat, Desri Yanti (2023) PEMANFAATAN MUSEUM TB SILALAHI CENTER BALIGE SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA N 1 BALIGE. S1 thesis, FKIP- Pendidikan Sejarah.
![]() |
Text
SKRIPSI DESRI Y SINURAT A1A219019.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
COVER-DESRI Y SINURAT.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN, HALAMAN PERSETUJUAN-DESRI Y SINURAT.pdf Download (930kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-DESRI Y SINURAT.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text
BAB I-DESRI Y SINURAT.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB V- DESRI Y SINURAT.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-DESRI Y SINURAT.pdf Download (424kB) |
Abstract
Desri Yanti Sinurat. 2023. Pemanfaatan Museum TB Silalahi Center Balige Sebagai Media dan Sumber Belajar Sejarah di SMA N 1 Balige: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd., (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Museum TB Silalahi Center, Media dan Sumber Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Museum TB Silalahi Center Balige sebagai Media dan Sumber Belajar Sejarah di SMA N 1 Balige. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dijadikan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata lisan dan tulisan yang diamati orang dan peneliti. Penggunaan pendekatan penelitian ini disesuaikan dengan tujuan utama penelitian yaitu mendeskripsikan pemanfaatan Museum TB Silalahi Center sebagai media dan sumber pembelajaran sejarah di SMA N 1 Balige. Selain itu, penelitian ini juga berharap dapat mengungkap berbagai informasi melalui penjelasan yang detail dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pemanfaatan Museum TB Silalahi Center Balige sebagai media dan sumber pembelajaran sejarah, merupakan salah satu metode menarik yang dimanfaatkan oleh guru dengan memanfaatkan koleksi-koleksi yang terdapat di museum. Mengunjungi langsung museum membuat peserta didik tidak hanya mendengarkan guru menjelaskan dikelas, peserta didik dapat melihat secara langsung peninggalan sejarah dari masa ke masa. Melalui kegiatan pembelajaran di museum, peserta didik akan banyak menemukan hal-hal yang baru yang tidak ditemukan di dalam kelas. Belajar di museum juga akan memaksimalkan fungsi museum sebagai media dan sumber yang menarik, menyenangkan dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Museum TB Silalahi Center Balige merupakan museum etnografi atau museum kebudayaan yang memiliki keterkaitan dengan sejarah. Koleksi dalam museum ini menunjukkan setiap peninggalan sejarah dari masa kemasa dapat dijadikan sebagai pembelajaran sejarah dan guru dapat menyesuaikan koleksi yang dimiliki oleh museum dengan materi yang diajarkan di kelas. Pemanfaatan Museum sebagai media dan sumber pembelajaran sejarah sudah di lakukan oleh sekolah. Salah satu sekolah yang pernah memanfaatkan museum sebagai media dan sumber pembelajaran sejarah adalah SMA Negeri 1 Balige dikelas X IIS. Pemanfaatan dengan menggunakan museum TB Silalahi Center, guru terlebih dahulu melihat SK dan KD yang disesuaikan dengan materi dalam pembelajaran, membuat RPP, menentukan metode yang digunakan, memberi sedikit materi pengantar, memberi tugas, membawa peserta didik ke museum dan evaluasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Sinurat |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:02 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |