Rahayu, Anjlika (2023) Profil Strategi Guru Penggerak dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas IV di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK ANJLIKA RAHAYU.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB I ANJLIKA RAHAYU.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
BAB V ANJLIKA RAHAYU.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
COVER ANJLIKA RAHAYU.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA ANJLIKA RAHAYU.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ANJLIKA RAHAYU 3 JULI 2023-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
CamScanner 12-07-2023 16.56.pdf Download (77kB) |
Abstract
Rahayu, Anjlika. 2023. Profil Strategi Guru Penggerak dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Andi Gusmaulia Eka Putri, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Guru Penggerak, Pembelajaran Matematika, Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana profil strategi guru penggerak dalam merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Data penelitian diperoleh secara langsung dengan cara observasi dan wawancara dengan Bapak TS, Bapak Y, dan Bapak BB, selaku guru yang terdaftar sebagai guru penggerak. Setelah melakukan serangkaian teknik pengumpulan data selanjutnya data akan dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, serta memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru penggerak dalam pembelajaran matematika melakukan beberapa langkah dan strategi pembelajaran. Strategi yang dilakukan pada saat merencanakan pembelajaran matematika di kelas IV yaitu dengan melakukan asesmen diagnostik, memahami CP sehingga dapat diturunkan menjadi TP dan ATP, menuangkan setiap proses kegiatan belajar dalam bentuk dokumen modul ajar matematika, menyiapkan perangkat ajar yang mendukung pembelajaran matematika, serta mengelola lingkungan kelas agar kondusif untuk belajar matematika. Strategi pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan melakukan teknik diferensiasi konten, proses, serta produk matematika. Tak lupa guru penggerak juga mengintegrasikan materi pembelajaran sosial emosional dalam pembelajaran matematika demi membantu peserta didik mengelola emosi saat belajar matematika. Terakhir, strategi evaluasi yang dilakukan yaitu dengan melakukan asesmen formatif dan sumatif. Kesimpulan penelitian ini, profil strategi yang dilakukan guru penggerak dalam pembelajaran matematika dapat dijadikan contoh bagi guru lain dalam menerapkan pembelajaran yang mengacu pada kurikulum merdeka. Saran dalam penelitian ini, yaitu diharapkan guru tidak berpuas diri dan terus meningkatkan wawasan dan kompetensinya, serta sekolah memberikan dukungan dan fasilitas bagi guru dalam meningkatkan kompetensinya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Penggerak, Pembelajaran Matematika, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RAHAYU |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:17 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52757 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |