Pengembangan E-LKPD Menggunakan Pendekatan Worked Examples Untuk Mendukung Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Transformasi kelas IX SMP

puspita, fitra puja (2023) Pengembangan E-LKPD Menggunakan Pendekatan Worked Examples Untuk Mendukung Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Transformasi kelas IX SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (61kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di SMP N 8 Kota Jambi dan mendeskripsikan kualitas bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Bahan ajar yang dihasilkan dalam penelitian ini berbentuk E-LKPD Menggunakan Pendekatan Worked Examples Untuk Mendukung Pemahaman Matematis Pada Materi Transformasi kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Rusdi (2018) meliputi tahap analysis, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian ini adalah 31 orang peserta didik kelas IX B SMP N 8 Kota Jambi dengan subjek uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang peserta didik dengan kriteria rendah, sedang, dan tinggi dari segi kognitif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan E-LKPD yang dikembangkan adalah angket ahli materi dan ahli desain, untuk mengukur kepraktisan E-LKPD instrument yang digunakan adalah angket praktikalisasi perorangan dan praktikalisasi kelompok kecil, dan untuk mengukur keefektifan E-LKPD instrument yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan soal tes kemampuan matematika siswa. Kevalidan E-LKPD yaitu berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli desain yang menyatakan bahwa E-LKPD “valid” dengan presentase kevalidan sebesar 80%. Kepraktisan E-LKPD yang menyatakan “sangat praktisi” dengan uji coba perorangan mendaptkan presentase sebesar 96,47% dan kepratisan oleh siswa (uji kelompok kecil) sebesar 85,5%. Sedangkan keefektifan E-LKPD dari angket respon siswa diperoleh presentase sebesar 86,2% dan dari hasil tes kemampuan siswa diperoleh diperoleh 24 orang siswa tuntas dan 5 orang siswa tidak tuntas dengan presentase 82,75% yang menyatakan bahwa E-LKPD sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, E-LKPD, Worked Examples, Pemahaman Matematis

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-LKPD, Worked Examples, Pemahaman Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Puspita
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:37
Last Modified: 13 Jul 2023 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52760

Actions (login required)

View Item View Item