PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK MENDUKUNG ALGEBRAIC THINKING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR

Simanjuntak, Rony Pargaulan and Winarni, Sri and Marlina, Marlina (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK MENDUKUNG ALGEBRAIC THINKING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (446kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar matematika dengan menggunakan model ADDIE yang valid, praktis dan efektif. Bahan ajar yang dikembangkan berupa e-modul interaktif berbasis pendekatan saintifik menggunakan book creator untuk mendukung algebraic thinking pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (RnD). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI SMA N 9 Muaro Jambi. Pengumpulan data diperoleh berdasarkan angket tertutup dan tes kemampuan berpikir aljabar, sehingga menghasilkan e-modul berdasarkan kriteria kevalidan diperoleh dari segi materi sebesar 82,85% (sangat valid) dan dari segi desain sebesar 87,77% (sangat valid), berdasarkan kriteria praktikalitas diperoleh dari tingkat kepraktisan oleh guru sebesar 88,75% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan dari peserta didik sebesar 90,25% (sangat praktis), berdasarkan kriteria efektivitas diperoleh dari angket respon peserta didik sebesar 85,90% (sangat efektif) dan tes kemampuan berpikir aljabar dengan n-gain sebesar 0,7239 dengan tafsiran cukup efektif. Kata kunci: Pendekatan Saintifik; Algebraic Thinking; Penelitian dan Pengembangan; E-Modul Interaktif. Abstract The purpose of this research is to produce math teaching materials using the ADDIE model which is valid, practical and effective. The teaching materials developed are in the form of interactive e-modules based on a scientific approach using a book creator to support algebraic thinking on material derived from algebraic functions in class XI SMA. This type of research is Research and Development (RnD) research. The research subjects were class XI students of SMA N 9 Muaro Jambi. Data collection was obtained based on closed questionnaires and tests of algebraic thinking skills, resulting in e-modules based on validity criteria obtained in terms of material by 82.85% (very valid) and in terms of design by 87.77% (very valid), based on practicality criteria obtained from the practicality level by the teacher of 88.75% (very practical) and the practicality level of students by 90.25% (very practical), based on effectiveness criteria obtained from student response questionnaires of 85.90% (very effective) and ability tests algebraic thinking with an n-gain of 0.7239 with a fairly effective interpretation. Keywords: Scientific Approach; Algebraic Thinking; Research and development; interactive e-module.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik; Algebraic Thinking; Penelitian dan Pengembangan; E-Modul Interaktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIMANJUNTAK
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:33
Last Modified: 13 Jul 2023 07:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/52968

Actions (login required)

View Item View Item