IDENTIFIKASI EFIKASI DIRI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATA KULIAH ASTRONOMI DAN GEOFISIKA

Steviana, Astiara (2023) IDENTIFIKASI EFIKASI DIRI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY MATA KULIAH ASTRONOMI DAN GEOFISIKA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Steviana, Astiara. 2023. Identifikasi Efikasi Diri Mahasiswa Pada Pembelajaran Lesson Study Mata Kuliah Astronomi Dan Geofisika. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Ibu Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing (II) Ibu Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd Kata kunci : efikasi diri, lesson study, astronomi dan geofisika Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efikasi diri mahasiswa program studi Pendidikan Fisika angkatan 2022. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran semester ganjil 2022/2023. Data penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi dan perekaman audio yang diubah menjadi transkrip pembelajaran, kemudian dianalisis melalui TBLA (Transcript Based Lesson Analysis). Hasil penelitian ini adalah pada pembelajaran siklus 1, mahasiswa memiliki tingkat efikasi diri dalam kategori cukup mampu. Kemudian di siklus 2, diketahui dari hasil observasi bahwa efikasi diri mahasiswa berada pada kategori mampu. Lalu pada pembelajaran siklus 3, diperoleh bahwa efikasi diri mahasiswa masuk dalam kategori mampu. Sedangkan, hasil analisis transkrip menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri mahasiswa pada siklus 1 memiliki rata-rata persentase sebesar 18,87%, pada siklus 2 sebesar 19,31%, dan pada siklus 3 sebesar 19,37%. Persentase ini masuk dalam kategori sangat kurang. Dari hasil observasi dan hasil analisis transkrip pembelajaran yang telah dilakukan, mahasiswa memiliki persentase yang tinggi pada indikator ketiga yaitu mahasiswa menjawab pertanyaan tanpa ragu-ragu serta relevan dan rasional dengan materi Astronomi dan Geofisika yang sedang berlangsung. Dengan ini dapat diketahui bahwa mahasiswa memiliki efikasi diri yang tinggi pada indikator tersebut. Steviana, Astiara. 2023. Identifikasi Efikasi Diri Mahasiswa Pada Pembelajaran Lesson Study Mata Kuliah Astronomi Dan Geofisika. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Ibu Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing (II) Ibu Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd Keyword: self-efficacy, lesson study, astronomy and geophysics This study aims to identify the self-efficacy of students of the Physics Education study program class of 2022. This research was conducted in the 2022/2023 odd semester academic year. The research data was obtained through observation sheets and audio recordings which were converted into learning transcripts, then analyzed through TBLA (Transcript Based Lesson Analysis). The results of this study are that in cycle 1 learning, students have a level of self-efficacy in the quite capable category. Then in cycle 2, it is known from the results of observations that student self-efficacy is in the capable category. Then in cycle 3 learning, it was found that student self-efficacy was included in the capable category. Meanwhile, the results of the transcript analysis showed that the self-efficacy level of students in cycle 1 had an average percentage of 18.87%, in cycle 2 it was 19.31%, and in cycle 3 it was 19.37%. This percentage is in the very less category. From the results of observations and the results of the analysis of learning transcripts that have been carried out, students have a high percentage in the third indicator, namely students answering questions without hesitation and are relevant and rational with the ongoing Astronomy and Geophysics material. With this it can be seen that students have high self-efficacy on these indicators.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, lesson study, astronomi dan geofisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Steviana
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:51
Last Modified: 17 Jul 2023 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53276

Actions (login required)

View Item View Item