GAYA BELAJAR SISWA BEPRESTASI (STUDI KASUS KEBRHASILAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR, PENYESUAIAN DIRI DAN STRESS AKADEMIK DI SMAN 10 KOTA JAMBI)

LELA, LELA (2023) GAYA BELAJAR SISWA BEPRESTASI (STUDI KASUS KEBRHASILAN MENGATASI KESULITAN BELAJAR, PENYESUAIAN DIRI DAN STRESS AKADEMIK DI SMAN 10 KOTA JAMBI). S3 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
@ DISERTASI_Lela_P3A120019_Finish.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text
COVER IBU LELA.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text
@ COVER DISERTASI_Lela_P3A120019_ABSTRAK-no.pdf

Download (193kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf - Published Version

Download (547kB)
[img] Text
@ DISERTASI_Lela_P3A120019_BAB 1.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text
@ DISERTASI_Lela_P3A120019_BAB V.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text
@ DISERTASI_Lela_P3A120019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (304kB)

Abstract

Lela (2023). Gaya Belajar Siswa Berprestasi (Studi Kasus Keberhasilan Mengatasi Kesulitan Belajar, Penyesuaian Diri dan Stres Akademik) Di SMAN 10 Kota Jambi. Promotor: Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi., Co-Promotor 1 dan 2 Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si dan Dr. Drs. Akmal Sutja, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan menjelaskan bagaimanakah gaya belajar yang digunakan oleh siswa berprestasi sehingga mampu mengatasi kesulitan belajar, penyesuaian diri dan stres akademik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa berprestasi. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Agar penelitian sistematis diperlukan tahap-tahap kegiatan penelitian hingga mencapai interpretasi data yang tergambar dalam temuan hasil penelitian, dan pembahasan hingga menjadi novelty penelitian melalui analisis data kualitatif Craswell. Hasil temuan penelitian ini adalah; 1). gaya belajar siswa berprestasi yang berhasil mengatasi kesulitan belajar yaitu kombinasi dari empat gaya belajar Klob (Diverger, Assimilator, Converger, Accomodator) yaitu; IA1.Vi & IA2.Ab memiliki empat gaya belajar, IA3.Ad, IA4.Ay, IS1.Ci & IS2.Ba memiliki tiga gaya belajar. Ciri khas dari kriteria keberhasilan subyek ada di dalam strategi mengatasi kesulitan belajar, dan novelty pada tema ini yaitu gaya belajar bervariasi sesuai kebutuhan belajar, serta belajar sebagai kewajiban dan kebutuhan, bukan tuntutan. 2) gaya belajar siswa berprestasi yang berhasil mengatasi masalah penyesuaian diri ada di dalam ciri khas manajemen penyesuaian diri, dan novelty pada tema ini yaitu penyesuaian diri dalam bentuk interaksi social sebagai bagian dari aktualisasi dan eksistensi diri. 3) gaya belajar siswa berprestasi yang berhasil mengatasi masalah stres akademik ada di dalam ciri khas manajemen stress akademik, dan novelty pada tema ini yaitu stress menjadi kekuatan untuk berprestasi. Ketiga hasil penelitian tersebut yang mendasari pemikiran desain novelty dalam penelitian ini dengan nama model manajemen gaya belajar siswa. Kata Kunci: Gaya belajar, Siswa berprestasi, Kesulitan belajar, Penyesuaian diri, stres akademik

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Lela
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:47
Last Modified: 14 Jul 2023 07:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53320

Actions (login required)

View Item View Item