PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROKARBON

Gultom, Esra Oktapriani (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROKARBON. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Draf_Skripsi Esra Oktapriani Gultom_A1C119059 (7).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (212kB)
[img] Text
coverrr.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Gultom, Esra Oktapriani. 2023. “Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon:. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matermatika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (1) Prof. Dr. rer. Nat. Asrial, M.Si. (II) Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D Kata Kunci : Multimedia interaktif, Articulate Storyline, Pendekatan Saintifik, Hidrokarbon Ilmu kimia sering dirasa sulit untuk dipahami oleh peserta didik sehingga menyebabkan motivasi untuk belajar kimia menurun. Salah satu materi kimia yang dianggap sulit oleh peserta didik adalah materi hidrokarbon. Dalam proses belajar mengajar tidak lepas dengan adanya multimedia pembelajaran atau bisa juga disebut bahan ajar. Multimedia interaktif Artuculate Storyline merupakan alternatif multimedia yang digunakan karena dari sekian banyak program authoring tools, articulate storyline ini merupakan Software Mix Programming Tools yang dapat membantu para pengembang multimedia pembelajaran. Program Articulate Storyline memiliki suatu kelebihan yaitu berupa smart brainware yang sederhana dengan prosedur tutorial interaktif melalui template yang dapat dipublish secara offline maupun secara online, sehingga memudahkan user memformatnya dalam bentuk web personal, CD, dan Learning Management System (LMS). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Articulate Storyline berbasis pendekatan saintifik pada materi hidrokarbon serta mengetahui hasil validasi ahli materi, ahli media, penilaian guru dan respon peserta didik terhadap multimedia interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Resarch and Development) menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan yaitu sebatas tahap uji coba kelompok kecil. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa wawancara guru dan diujicobakan kepada siswa sebanyak sepuluh orang siswa kelas XI MIPA SMA.Teknik analisis data yan digunakan adalah analisis kualitatif yaitu berupa komentar dan saran serta analisis kualitatif berupa skor jawaban dan persentase. Hasil dari penelitian ini yaitu rerata skor ahli materi dan ahli media masing-masing yaitu 4,66 dan 4,73 dengan kategiri “Sangat Layak”, sehingga layak untuk diujicobakan. Selanjutnya hasil dari penilaian guru diperoleh skor 71 dengan rerata 4,73 dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya diperoleh respon dari siswa dengan persentase 94,9 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif Articulate Storyline berbasis pendekatan saintifik pada materi hidrokarbon sudah layak untuk diimplmentasikan dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia interaktif, Articulate Storyline, Pendekatan Saintifik, Hidrokarbon
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Gultom
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:52
Last Modified: 17 Jul 2023 07:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53637

Actions (login required)

View Item View Item