Rahmaningsih, Choirunnisa’nur (2023) Manajemen Mutu Pendidikan di SMP Islam Al Arief Muaro Jambi Berbasis Pesantren. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
Full TESIS CHOIRUNNISA'NUR R.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan komponen mutu yang dilakukan di SMP Islam Al Arief, Pelaksanaan komponen mutu yang dilakukan dalam upaya pengembangan Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren, Pengendalian Mutu yang dilakukan terkait pelaksanaan pengembangan Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren, dan Upaya tindak lanjut yang dilakukan sekolah terkait pelaksanaan pengembangan manajemen mutu Pendidikan Berbasis Pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat analisis-deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi (Pengamatan), Interview (Wawancara), Dokumentasi dan Data Audio dan Visual. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam penyusunan perencanaan pendidikan. didapati bahwa perencanaan disesuaikan dengan ketersediaan sumber daya manusia di lingkungan dan dilengkapi dengan sumber daya dari luar, memperhatikan kondisi dan situasi dalam masyarakat, dilandasi rasa tanggung jawab untuk membina kepentingan lembaga pendidikan. Perencanaan mutu pendidikan berbasis pesantren didasarkan pada delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) meliputi: Standar kompetensi lulusan, Standar isi, Standar Proses, Standar penilaian Pendidikan, Standar tenaga pendidikan, Standar sarana dan prasarana, Standar Pengelolaan, Standar pembiayaan. Pelaksanaan Komponen Mutu Pendidikan berbasis pesantren SMP Islam AlArief Muaro Jambi melalui pembiasaan dan pengembangan diri untuk siswa. Pengendalian mutu (Quality control) dalam pelaksanaan manajemen mutu pendidikan berbasis pesantren yakni pembuatan bahan ajar dan perangkat pembelajaran, rencana evaluasi peserta didik, rencana evaluasi pembinaan peserta didik, evaluasi bimbingan konseling dilaksanakan di awal semester sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. Upaya tindak lanjut yang dilakukan guru dan kepala sekolah berupa supervisi dan evaluasi diri serta ditindak lanjuti pada evaluasi proses pembelajaran di rapat internal akhir semester. SMP Islam Al Arief merupakan sekolah bermutu karena memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Mutu, Pendidikan, Pondok Pesantren |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Choirunnisa'Nur Rahmaningsih |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:38 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/53668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |