SINAGA, MARIA ANDRIANI (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI MARIA ANDRIANI SINAGA (A1C119057)-4.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MARIA ANDRIANI SINAGA (A1C119057)-13-21.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MARIA ANDRIANI SINAGA (A1C119057)-114-115.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MARIA ANDRIANI SINAGA (A1C119057)-116-120.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
DOC-20230822-WA0004..pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MARIA ANDRIANI SINAGA (A1C119057).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
DOC-20230829-WA0002..pdf Download (134kB) |
Abstract
e-LKPD merupakan salah satu media pembelajaran berbentuk elektronik sebagai penunjang kebutuhan dalam proses mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI SMA, serta mengetahui kelayakan, penilaian tenaga pendidik, dan respon peserta didik terhadap e-LKPD berbasis masalah yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri atas tiga tahapan yang meliputi penilaian kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi. Penelitian ini dilakukan sampai pada batas uji coba kelompok kecil sebanyak sepuluh peserta didik kelas XI Fase F2 SMA Negeri 7 Kota Jambi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu berupa komentar dan saran serta analisis kuantitatif yaitu berupa skor jawaban dan persentase. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa e-LKPD berbasis masalah pada materi kesetimbangan kimia khususnya subbab pergeseran arah reaksi kesetimbangan kimia, yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan rerata skor 3,96 dan 3,947 dengan kategori “sangat layak” sehingga dapat diujicobakan. Selannjutnya dari hasil penilaian tenaga pendidik diperoleh skor 75 dengan rerata 3,947 dengan kategori “sangat baik”. Selanjutnya diperoleh respon dari peserta didik dengan persentase 94,56% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-LKPD berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI SMA sudah layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran kimia. Kata Kunci: e-LKPD, Pembelajaran Berbasis Masalah, Scaffolding, Berpikir Kritis, Kesetimbangan Kimia
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, Pembelajaran Berbasis Masalah, Scaffolding, Berpikir Kritis, Kesetimbangan Kimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SINAGA |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 02:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 02:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |