Muspita, Asi (2023) Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasional Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
A1C219025 ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
A1C219025 BAB 1.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
A1C219025 BAB 5.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
A1C219025 DAPUS.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
A1C219025 LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (409kB) |
![]() |
Text
A1C219025 SKRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan berpikir komputasional siswa yang belum optimal. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang dalam aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan guru terkesan monoton dan hanya berpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir komputasional siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Merangin di kelas IX tahun ajaran 2022/2023 pada kelas IX A (eksperimen) dan IX J (kontrol). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: (1) lembar observasi aktivitas siswa dan guru dan (2) tes kemampuan berpikir komputasional siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan berpikir komputasional siswa yang mendapatkan perlakuan dengan model pbl sangat efektif daripada yang mendapatkan perlakuan dengan model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil lembar observasi aktivitas guru dan siswa pada kedua kelas serta hasil hipotesis n gain kedua kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Komputasional, Problem Based Learning, BRSL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MUSPITA |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 03:33 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 03:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55414 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |