Putri, Retno Nabillah (2023) Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Penggunaan Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Lingkungan Sekitar Sekolah Pada Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGSAHAN .pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Putri, R.N, 2023. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Penggunaan Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Lingkungan Sekitar Sekolah Pada Kelas IV Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Yantoro., M.Pd (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Kreativitas siswa, Metode Outdoor Learning, Media Lingkungan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Outdoor Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa berbantuan media lingkungan sekitar sekolah pada kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 165/I Singkawang, kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa penerapan metode Outdoor Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 165/I Singkawang telah diterapkan dengan baik. Pelaksanaan metode Outdoor Learning membuat siswa kelas IV lebih aktif dan menumbuhkan keberanian. Siswa menggali sendiri pengetahuannya dengan cara mengamati dan bertanya kepada teman maupun guru. Tahap penyelesaian atau tindaklanjut dari pelaksanaan Outdoor Learning adalah berupa evaluasi dan pemahaman dalam materi yang mereka pelajari. Tindak lanjut dalam pelaksanaan Outdoor Learning mereka melakukan diskusi perkelompok dan di presentasikan di depan kelas. Hasil dari penelitian ini siklus I pertemuan pertama sebanyak 45,86% dengan kategori “Kurang Kreatif”, siklus I pertemuan kedua 57,75% dalam kategori “Kurang Kreatif” dengan peningkatan sebanyak 11,87%. Pada siklus II pertemuan pertama yaitu 65,17% dengan kategori “Cukup Kreatif” dengan peningkatan sebanyak 7,42% dan pertemuan kedua sebanyak 71,20% mengalami peningkatan sebanyak 6,03%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Outdoor Learning berbantuan media lingkungan sekitar sekolah dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SDN 165/I Singkawang. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan tiap indikator kreativitas pada tiap siklus pertemuannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas siswa, Metode Outdoor Learning, Media Lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | putri |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:54 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |