PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA BLOG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DI KELAS IX-I SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI

Pratama, Muhammad Esa (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA BLOG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DI KELAS IX-I SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK Esa.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Halaman Judul dan Cover.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan dan Halaman persetujuan(3).pdf

Download (323kB)
[img] Text
SKRIPSI ESA FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Project Based Learning (PJBL) dengan media blog terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX-I SMP Negeri 14 Kota Jambi Tahun Pembelajaran 2023/2024. Kemampuan menulis cerpen siswa dilakukan dengan kelas eksperimen dengan melakukan pretest dan post-test. Peneliti ingin memgetahui bagaimanakah pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dengan media blog terhadap kemampuan menulis cerpen. Metode Penelitian ini adalah metode pra-experimental design dengan bentuk one grup pretest posttest design menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan pretest postest tanpa adanya kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IX-I SMP Negeri 14 Kota Jambi yang berjumlah 34 siswa. Dalam penentuan jumlah sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Melakukan pretest dan posttest dalam satu kelas, sebelum itu guru memberikan materi awal tentang cerpen agar tidak kebingungan. Hasil penelitian ini berupa nilai cerpen siswa yang dipengaruhi dengan penggunaan model PjBL dengan media blog terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas IX-I SMP Negeri 14 Kota Jambi, analisis data dilakukan dengan menggunakan program aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions) 26. Nilai rata-rata pretest adalah 11,55 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 18,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan pengambilan hipotesis t hitung 22.891 dan t tabel 2.037 pada taraf signifikan 5%. Dikarenakan t hitung diperoleh lebih besar dari t tabel, yaitu 22.891 > 2.037, maka hipotesis diterima. Berdasarkan data yang sudah diperoleh bahwa model Project Based Learning dengan media blog berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen kelas IX-I SMP Negeri 14 Kota Jambi Tahun Pembelajaran 2023/2024.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model PjBL, media blog, menulis cerpen
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: PRATAMA
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:45
Last Modified: 13 Sep 2023 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55529

Actions (login required)

View Item View Item