Pratiwi, Dela (2023) STRATEGI MARKETING POLITIK PETAHANA PADA PEMILIHAN KEPALA DESA SIDO RUKUN KECAMATAN MARGO TABIR KABUPATEN MERANGIN TAHUN 2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT dan INTISARI .pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing politik kepala desa petahana di Desa Sido Rukun yang mampu mempertahankan kekuasaannya selama dua periode. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala desa Sido Rukun saat ini mampu mempertahankan jabatan dengan menggunakan sebuah strategi. Jika dianalisa dengan teori 4P marketing politik yaitu produk, promosi, harga, dan penempatan. Pada produk Muhajir menyalurkan lewat visi-misi dan program kerja yang menyentuh kebutuhan masyarakat. Promosi Muhajir dengan melakukan kampanye lewat teknik door to door. Pada harga Muhajir menjual kinerja pada periode sebelumnya yang sudah terbukti baik dalam membangun desa. Selanjutnya penempatan yaitu dengan selalu aktif dalam kegiatan yang melibatkan masyarakat. Selain itu Muhajir dan tim juga melakukan segmentasi pemilih yaitu dengan menjadikan para petani dan kaum perempuan yang menjadi sasaran utamanya. Lalu yang terakhir positioning politik yakni Muhajir memposisikan diri sebagai pelayan masyarakat dan membangun citra sebagai sosok yang sederhana, merangkul dan membaur dengan masyarakat. Terdapat keunggulan dan kelemahan dalam pelaksanaan strategi pemenangan Muhajir. Keunggulannya yaitu Muhajir sebagai kandidat patahana dan memiliki jaringan keluarga yang cukup besar tersebar di desa Sido Rukun. Sedangkan kelemahannya yaitu keterbatasan dana kampanye. Kata kunci: strategi, marketing politik, kepala desa petahana
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, marketing politik, kepala desa petahana |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Pratiwi |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 06:40 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 06:40 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |