Agusnia, Harnisa (2023) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menulis Teks Persuasi di KELAS VIII B SMPN 18 Tanjab Timur. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (39kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan (2).pdf Download (131kB) |
Abstract
Agusnia, Harnisa. 2023. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENULIS TEKS PERSUASIF DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 TANJAB TIMUR. Skripsi , Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum (II) Dr. Drs. Kamarudin, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, model pembelajaran berbasis masalah, teks persuasif. Pendidikan mempunyai tujuan melalui proses Pendidikan Bahasa Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang memberikan pengajaran membaca, menulis, mengarang, mendikte, dan berbicara. Menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dipelajari siswa. Salah satu keterampilan dasar menulis yang masuk dalam kurikulum sekolah menengah pertama Indonesia adalah menulis kalimat persuasif. Kemendikbud (2017:176), Kalimat persuasif adalah kalimat yang secara tidak langsung, menyampaikan ajakan kepada pembaca dan pendengar Salah satu model pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran berbasis masalah. Model pembelajaran berbasis masalah adalah model pembelajaran yang dimulai dengan masalah yang ditemukan di lingkungan siswa. Model pembelajaran ini dapat menjadi solusi yang efektif karena dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dengan mendorong siswa berpikir kritis dan berperan aktif dalam pembelajarannya (Fauziah, 2016; Misla & Mawardi, 2020; Nookhonga & Wannapiroon, 2015). Berdasarkan hasil observasi awal dengan guru Bahasa Indonesia Ibu NM bahwa beliau telah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada saat mengajar. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana proses penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilaksanakan oleh guru Bahasa Indonesia pada saat mengajar di SMPN 18 Tanjung Jabung Timur kelas VIII B. Penelitian ini bertempat di sekolah menengah pertama negeri 18 Tanjab Timur yang terletak di Jalan Lintas Sadu Sungai Jambat, Kecamatan Sadu. Peneliti memilih sekolah tersebut karena sekolah tersebut menggunakan kurikulum 2013 dan guru Bahasa Indonesia telah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah pada materi teks persuasif terbagi menjadi dua kali pertemuan pada pertemuan pertama dilakukan dua langkah model pembelajaran berbasis masalah yaitu orientasi peserta didik pada masalah dan mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Pada pertemuan kedua dilakukan tiga langkah model pembelaharan berbasis masalah yaitu membimbing belajar kelompok, menyajikan hasil, dan mengevaluasi proses. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model pembelajaran berbasis masalah ini membentuk peserta didik untuk dapat belajar dengan mengamati permasalahan yang ada disekitarnya dan bisa saling bertuka ide satu sama lain saat proses pemecahan masalah yang diberikan oleh guru. Selain itu penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dilakukan oleh guru di kelas telah sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran berbasis nasalah yang dikemukakan oleh Priyatni (2014:114) dan juga sesuai dengan RPP yang dibuat oleh guru
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi,Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Teks Persuasif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Agusnia |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 06:42 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |