Azizah, Nur (2023) Meningkatkan keterampilan menyimak menggunakan metode story telling pada muatan bahasa indonesia siswa kelas V SDN 162 Sejinjang kota jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Bab 1 NUR AZIZAH FINAL-12-20.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
![]() |
Text
Bab 1 NUR AZIZAH FINAL-12-20.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
![]() |
Text
Abstrak NUR AZIZAH FINAL-7.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
Bab 5 NUR AZIZAH FINAL-99-101.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
cover skripsi nur aziza.pdf Download (709kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka NUR AZIZAH FINAL-102-103.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN PENGESAHAN NUR AZIZAH.pdf Download (97kB) |
Abstract
Keterampilan menyimak merupakan keterampilan bahasa yang termasuk dalam bahasa reseptif, artinya keterampilan yang harus dikuasai oleh anak sebagai dasar keterampilan berbahasa yang lain. Salah satu metode yang dapat membuat anak aktif dan senang yaitu dengan menggunakan metode story telling. Metode story telling merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar secara lisan yang menarik, diantarannya anak dapat menjawab pertanyaan dari guru dan dapat menceritakan kembali isi cerit.a Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak siswa melalui metode story telling pada muatan Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 162 Sejinjang Kota Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini didapati bahwa terjadi peningkatan keterampilan menyimak pada siklus I dan siklus II. Peningkatan yang terjadi dalam proses pembelajaran dapat dilihat dari penerapannya pada siklus I pertemuan pertama terdapat 1 siswa yang memiliki kategori kurang, 22 siswa memiliki kategori cukup, dan 1 siswa memiliki kategori baik. Pertemuan kedua terdapat 1 siswa memiliki kategori kurang, 22 siswa memiliki kategori cukup, dan 1 siswa memiliki kategori baik. Pada siklus II mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembejaran story telling dimana pada pertemuan pertama terdapat 3 siswa Azizah, Nur. 2023. Meningkatkan Keterampilan Menyimak Menggunakan Metode Story Telling pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 162 Sejnjang Kota Jambi. Pembimbing I Dr. Irzal Anderson, M. Si. Pembimbing II Muhammad Sholeh, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci : keterampilan menyimak, story telling, bahasa indonesia memiliki kategori cukup dan 21 siswa memiliki kategori baik sedangkan pada pertemuan kedua terdapat 13 siswa memiliki kategori baik dan 11 siswa memiliki kategori sangat baik. Dari penelitian ini disarankan bagi guru dalam pelaksanan pembelajaran model story telling, sebaiknya guru lebih memberikan kesempatan dan perhatian khusus pada perserta didik yang kurang antusias dalam proses pembelajaran untuk menyampaikan pendapatnya sehingga dapat melatih keberanian dalam diri perserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menyimak, story telling, bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam |
Depositing User: | AZIZAH |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 01:58 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 07:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57461 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |