Indriasih, Yosia Septi (2023) Penerapan Pembelajaran HOTS sebagai Upaya dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
A1D119003_YOSIA SEPTI INDRIASIH_SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data pada penelitian ini diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan yaitu: (1)perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan menerapkan pembelajaran HOTS. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari analisis data setiap siklus. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I adalah sebesar 71,31% lalu mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 16,06% sehingga rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa menjadi 87,37%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran HOTS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian yang terbukti dengan keberhasilan penelitian ini. This research aims to describe the process of improving the critical thinking skills of fifth grade students at SD Negeri 111/I Muara Bulian. This research is Classroom Action Research (PTK) with research data obtained through observation, tests and documentation. The data in this research was processed qualitatively and quantitatively. This research was carried out in two cycles and each cycle consisted of two meetings with stages, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. The research results show that students' critical thinking abilities increase by implementing HOTS-based learning. This improvement can be seen from data analysis for each cycle. The average critical thinking ability of students in cycle I was 71.31% and then experienced an increase in cycle II of 16.06% so that the average critical thinking ability of students was 87.37%. Based on the research results, it can be concluded that the application of HOTS-based learning can improve the critical thinking skills of class V students at SD Negeri 111/I Muara Bulian, which is proven by the success of this research.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, HOTS, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Indriasih |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 04:37 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 04:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |