Zenobia, Fadilla Amara (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA N 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FADILLA AMARA ZENOBIA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DLL.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (424kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada hari Selasa, 25 oktober 2022 di kelas X IPS 1 SMA 9 Kota Jambi ditemukan sebanyak 62,9% siswa merasa perhatian atau fokus siswa selama pembelajaran sejarah sering teralihkan ketika guru selama pembelajaran hanya mejelaskan tanpa menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan media pembelajaran educandy untuk meningkatkan minat belajar siswa. Sebanyak 59,1% dari 33 responden, siswa merasa lebih tertarik pada pembelajaran sejarah yang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Siswa lebih mudah memahami pelajaran setelah guru menggunakan media yang interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui meningkatnya minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran educandy kelas XI IPS 1 SMA 9 Kota Jambi. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana disetiap siklusnya harus mengalami peningkatan, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA 9 Kota Jambi yang berjumlah 33 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui meningkatnya minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran educandy di kelas XI IPS 1 SMA 9 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan peneliti terhadap 33 siswa kelas XI IPS 1 SMA 9 Kota Jambi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar sejarah setelah diterapkannya media pembelajaran educandy. Peningkatan tersebut meliputi nilai rata-rata minat belajar siswa pada penelitian siklus I sebesar 73%, dan nilai rata-rata minat belajar siswa pada siklus II sebesar 88,5%. Ini merupakan peningkatan yang signifikan dari siklus pertama ke siklus berikutnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Educandy, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | ZENOBIA |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 07:17 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 07:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57926 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |