PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

DEFRISA, MUTIARA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img] Text
SKRIPSI MUTIARA DEFRISA PUTRI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI MUTIARA DEFRISA (101) (2).pdf

Download (390kB)
[img] Text
SKRIPSI MUTIARA DEFRISA (lembar persetujuan ).pdf

Download (529kB)
[img] Text
SKRIPSI MUTIARA DEFRISA (abstrak).pdf

Download (185kB)
[img] Text
SKRIPSI MUTIARA DEFRISA (BAB I).pdf

Download (298kB)
[img] Text
SKRIPSI MUTIARA DEFRISA (BAB V).pdf

Download (187kB)
[img] Text
SKRIPSI MUTIARA DEFRISA DAPUS).pdf

Download (287kB)

Abstract

ABSTRAK Defrisa, Mutiara. 2019.:Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran teks drama kelas VIII SMP Negeri 7 muaro jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Yusra D, M.Pd. (II) Rahmawati, M.Pd. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, teks drama. Kenyataan di lapangan membuktikan cukup banyak siswa yang kurang menyenangi bahkan tidak suka dengan pembelajaran bahasa Indonesia. Karena dianggap membosankan. Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia salah satunya disebabkan oleh pemilihan model yang tidak tepat sasaran sehingga siswa hanya terlihat pasif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan pemilihan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini dilakuan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pra-experimental desain. Pengambilan data dilakuan dengan cara observasi dan tes kemampuan siswa dalam menelaah karakterustik unsure dan kaidah kebahasaan dalam teks drama. Analisis data menggunakan SPSS 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam pembelajaran teks drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Kekuatan utama dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terletak pada keterampilan belajar siswa dalam menelaah karakteristik unsur dan kaidah kebahasaan dala teks drama. Hasil penelitian yang didapatkan berupa nilai siswa yang meningkat dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre-test. Hasil pre-test menunjukkan bahwa nilai tertinggi 14 sedangkan nilai terendah 8. Setelah diberikan perlakuan menunjukkan peningkatan dengan nilai tertinggi 19 dan terendah 14. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Dari perhitungan hasil uji-t terhadap data pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan. Diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 <0,005, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar siswa pada data pre-test dan post-test. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dari hasil penelitian guru diharapkan memperbanyak pengadaan model dan media pembelajaran. Dengan hal tersebut, guru lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran juga membuat siswa tidak merasa bosan dan jenuh sehingga bisa menimbulkan motivasi belajarnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:45
Last Modified: 04 Dec 2023 07:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58201

Actions (login required)

View Item View Item