CITRA, CITRA (2023) Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Materi Teks Ulasan di Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Citra. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Materi Teks Ulasan di Kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi: Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd. (II) Hilman Yusra, S. Pd., M. Pd. Kata kunci: Project Based Learning, menulis, teks ulasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam materi teks ulasan kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Kota Jambi bulan Maret 2023. Subjek penelitian ini yakni guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII dan peserta didik kelas SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Data yang didapatkan dari penelitian ini adalah berupa hasil observasi dan hasil wawancara pelaksanaan proses pembelajaran pada implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam materi teks ulasan kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi mulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi teks ulasan kelas VIII SMP Negeri 22 Kota Jambi sudah berjalan dengan baik sesuai langkah-langkah PjBL yang dikemukakan oleh Widiarso, E (2016: 184) yaitu: (1) penentuan pertanyaan mendasar, (2) mendesain perencanaan proyek, (3) menyusun jadwal, (4) memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, (5) menguji hasil, serta (6) mengevaluasi pengalaman. Hasil pengamatan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning terlaksana dengan tepat dapat dilihat dari proses diskusi antar peserta didik yang saling bertukar ide untuk menuntaskan proyeknya. Guru telah mampu menerapkan PjBL dalam menulis teks ulasan secara baik dan benar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, menulis, teks ulasan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | CITRA |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 07:59 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 07:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |