Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 15 Kota Jambi

Taufik, Rahman (2023) Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 15 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Skripsi Taufik Rahman (A1E119068).pdf

Download (4MB)
[img] Text
Surat Penyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Motivasi belajar adalah daya penggerak seseorang yang dapat berasal dari dalam maupun luar seseorang yang menyebabkan mereka bertindak secaranya nyata untuk belajar agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Banyak faktor yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa, yaitu motivasi Intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas layanan informasi dengan menggunakan model project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 15 Kota Jambi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 15 Kota Jambi sebanyak 28 siswa. Sampel ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini menggunakan one-group pretest-posttest design sebagai metode pre-experimental design. Hasil penelitian ini menujukkan secara umum bahwa motivasi belajar siswa kelas VIII G sebelum diberikan perlakuan berada pada tingkat rendah dengan persentase 40% yang berarti motivasi belajar siswa perlu ditingkatkan lagi. Dan pada kategori sedang setelah diberikan perlakuan, dengan persentase 45,15% yang berarti terdapat peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji analisis diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai Thitung > Ttabel atau 3,706 > 2,056. Hasil tersebut menunjukkan bahwa perlakuan layanan informasi dengan menggunakan model project based learning dinyatakan memiliki efektivitas terhadap motivasi belajar pada siswa. Dapat disimpulkan bahwa layanan informasi menggunakan model project based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 15 Kota Jambi. Pada penelitian dimasa mendatang hendaknya dapat mengkaji penelitian ini dengan metode dan jenis penelitian yang berbeda. Pada setiap penelitian tentuanya memiliki kekurangan dan kelebihan didalamnya, diharapkan adanya penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian mengenai layanan informasi dengan menggunakan model project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa model project based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, oleh karena itu model ini sebaiknya dijadikan salah satu alternatif teknik yang digunakan dalam belajar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivation to learn is a person's driving force which can come from within or outside a person which causes them to act in a real way to learn in order to achieve the expected learning goals. Many factors cause a lack of student motivation to learn, namely intrinsic motivation and extrinsic motivation. This research aims to reveal the effectiveness of information services using the project based learning model to increase students' learning motivation at SMP Negeri 15 Jambi City. The sample in this study was 28 students in class VIII G of SMP Negeri 15 Jambi City. This sample was taken using a purposive sampling technique. This type of research uses one-group pretest-posttest design as a pre-experimental design method. The results of this research generally show that the learning motivation of class VIII G students before being given treatment was at a low level with a percentage of 40%, which means that students' learning motivation needs to be increased further. And in the medium category after being given treatment, the percentage was 45.15%, which means there was an increase in student learning motivation. The research results also show that based on the analysis test results, it is known that the sig (2-tailed) value is 0.001 < 0.05 and the Tcount > Ttable or 3.706 > 2.056. These results indicate that the treatment of information services using the project based learning model is stated to be effective in students' learning motivation. It can be concluded that information services using the project based learning model can increase students' learning motivation at SMP Negeri 15 Jambi City. Future research should be able to examine this research with different methods and types of research. Every research certainly has advantages and disadvantages. It is hoped that this research can be used as a reference for developing research on information services using the project based learning model to increase student learning motivation. The results of this research provide recommendations that the project based learning model can increase student learning motivation, therefore this model should be used as an alternative technique used in learning to increase student learning motivation.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Layanan Informasi, Project Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Rahman
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:56
Last Modified: 11 Dec 2023 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58451

Actions (login required)

View Item View Item