INDRIYANI, RISKA (2023) ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA SEMESTER IV PENDIDIKAN KIMIA UNIVERSITAS JAMBI TENTANG MODEL PBL DAN PJBL DAN FAKTOR - FAKTOR YANG MENENTUKANNYA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
RISKA_INDRIYANI_(A1C119091).pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa semester IV Pendidikan Kimia di Universitas Jambimengenai model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learnig oleh mahasiswa semester IV Pendidikan Kimia di Universitas Jambi beserta faktor-faktor yang menentukan. Penelitian dilaksanakan di Universitas Jambi. Jenis penelitian yang digunakan penelitian survei dengan pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian instrument soal penilaian awaldan penilaian akhirserta didukung dengan penyebaran angket kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai penilaian awal pemahaman mahasiswa dengan kategori sangat kurang baik dengan rata-rata nilai sebesar 16,74, sedangkan hasil pemahaman mahasiswa melalui penilaian akhir diperoleh 50,84 mahasiswa memiliki pemahaman cukup baik. Hasil perbandingan N-gain nilai rata-rata pemahaman awal dan pemahaman akhir mahasiswa memiliki peningkatan sebesar 46,54%. Faktor penentu yang mempengaruhi pemahaman mahasiswa semester IV Pendidikan Kimia di Universitas Jambi, yaitu waktu, kemampuan berpikir kritis, pemahaman siswa dalam pembelajaransalah satunya dengan memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa, media proyek/belajar, siswa aktif dalam pembelajaran, kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran, langkah-langkah proses pembelajaran, kebutuhan peralatan pembelajaran, kemampuan guru dan siswa dalam memahami materi pembelajaran, model pembelajaran , kreativitas dan inovasi belajar, kelompok belajar, menciptakan proyek berdasarkan materi yang diajarkan, mengajak siswa untuk aktif saat proses pembelajaran, faktor intern dan ekster siswa dalam pemahaman belajar, menyususn rencana proyek, membimbing peserta didik secara mandiri maupun kelompok. Metode yang dapat digunakan mahasiswa yang ingin menjadi guru yang baik seperti metode mengajar dengan melibatkan isu terkini, metode mengajar dengan project, metode mengajar dengan memanfaatkan teknologi visual, metode mengajar dengan observasi nyata, metode mengajar dengan berorientasi pada entrepreneurship dan kreatifitas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Project Based Learning, Pemahaman Mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | INDRIYANI |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 02:51 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 02:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |