Pengaruh Media Pembelajaran QR Code Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi

Tika, Rachmah (2023) Pengaruh Media Pembelajaran QR Code Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (704kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Tika, Rachmah. 2023. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis QR Code Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi: Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Drs. Kamarudin, M. Pd., Pembimbing II: Dr. Drs. Herman Budiyono., M. Pd., Kata kunci: Pengaruh, QR Code, Naskah Drama. Pembelajaran menulis naskah drama yang dilakukan oleh guru kurang didukung dengan penggunaan media pembelajaran dan cenderung monoton sehingga siswa terlihat jenuh mengikuti pembelajaran. Hal tersebut akhirnya berdampak pada rendahnya hasil kemampuan dalam menulis naskah drama, siswa. Dengan menggunakan media QR Code diharapkan dapat menarik minat siswa dalam belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media QR Code terhadap kemampuan menulis naskah drama. Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, sampel yang digunakan berjumlah 62 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu siswa kelas VIII C sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol dan VIII E sebanyak 31 siswa sebagai kelas ekperimen. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan instrument test (Pretest dan Posttest). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 70,8 dan kelas kontrol 64,3. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t, menunjukkan hasil output diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,018 < 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak maka terdapat pengaruh yang signifikansi dari media QR Code terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, QR Code, Naskah Drama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: RACHMAHTIKA
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:31
Last Modified: 18 Dec 2023 02:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58885

Actions (login required)

View Item View Item