PENGEMBANGAN e-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI ASAM BASA

Ana, Pebri (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasisi Pendekatan Kontekstual)
Pebriana_FIX Bab 1-5.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasisi Pendekatan Kontekstual)
Cover.pdf - Published Version

Download (24kB)
[img] Text (Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasisi Pendekatan Kontekstual)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (9kB)
[img] Text (Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasisi Pendekatan Kontekstual)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasisi Pendekatan Kontekstual)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (12kB)
[img] Text (Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasisi Pendekatan Kontekstual)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text (Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasisi Pendekatan Kontekstual)
Hal. Persetujuan & Pengesahan.pdf - Published Version

Download (468kB)

Abstract

ABSTRAK Pebriana, 2023. Pengembangan e-LKPD Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA pada Materi Asam Basa): Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Dra. Zurweni, M. Si., (II) Drs. Fuldiaratman, M.Pd. Kata Kunci : e-LKPD, Pendekatan Kontekstual, Asam Basa Penggunaan teknologi membawa tantangan baru dunia pendidikan, untuk itu keterampilan peserta didik dalam memanfaatkan teknologi sangat penting dilakukan. Sehingga seiring perkembangan zaman, model pembelajaran perlu dimodifikasi untuk beradaptasi dengan era digitalisasi abad 21 yaitu pemanfaatan teknologi. Maka dari itu diperlukan sebuah media pembelajaran kontekstual yang memuat materi dan kolom aktivitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran, salah satunya yaitu berupa LKPD dalam bentuk elektronik. Tujuan penelian ini untuk mengetahui cara pengembangan, kelayakan produk, penilaian guru, tingkat kemampuan peserta didik dan respon peserta didik terhadap e-LKPD interaktif berbasis pendekatan kontekstual berorientasi kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi asam basa yang dikembangkan. Proses pengembangan produk dalam penelitian ini mengikuti tahapan dalam model pengembangan Lee & Owens yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrument penelitian yang digunakan berupa wawancara dan kuesioner. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah itu media dinilai oleh guru kemudian diuji cobakan pada kelompok kecil. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dari hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 85,34% sedangkan validasi ahli media mendapatkan persentase 92%. Dari hasil validasi ahli materi dan ahli media tersebut, maka produk yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat layak. Selanjutnya dilakukan penilaian oleh guru, mendapatkan hasil skor 73 dengan rerata 4,867 dan persentase 97,34% yang masuk dalam kategori kategori sangat layak. Kemudian dilakukan ujicoba kelompok kecil, mendapatkan skor 1042 dengan persentase 92,622% dan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa e-LKPD interaktif berbasis pendekatan kontekstual berorientasi kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi asam basa memenuhi semua tahapan pengembangan sampai uji kelompok kecil dengan hasil sangat baik. Untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan melakukan uji efektifitas, uji coba kelompok besar agar diketahui seberapa efektif pengguna media ini dalam pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, e-LKPD Interaktif, Kontekstual, Asam Basa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Pebriana
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:47
Last Modified: 04 Jan 2024 06:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/59364

Actions (login required)

View Item View Item