INDRIYANI, INDRIYANI (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MENGGUNAKAN WIZER.ME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP/MTS. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan dan persetujuan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (459kB) |
Abstract
Indriyani. 2023. Pengembangan E-LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Menggunakan Wizer. me Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritia Siswa Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dra. Roseli Theis, M.S., (2) Dra. Sofnidar, M.Si. Kata kunci: E-LKPD, HOTS, Kemampuan Berpikir Kritis, Statistika. Salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa yaitu kemampuan berpikir kritis. Sesuai dengan pembelajaran matematika abad 21 yang menekankan pentingnya pengembangan pada empat kemampuan yang meliputi kreativitas (creativity), kemampuan berfikir kritis (critical thinking), kerja sama (collaboration) dan kemampuan komunikasi (communication) yang termasuk kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan berpikir kritis serta kesulitan peserta didik dalam memahami soal-soal cerita khususnya pada materi statistika. Salah satu cara untuk mengatasi rendahya kemampuan berpikir kritis siswa adalah memanfaatkan media pembelajaran slah satunya E-LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil serta kualitas E-LKPD berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) menggunakan wizer.me yang meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implement (implementasi), Evaluation (evaluasi). Penelitian ini diuji cobakan di MTs Negeri 4 Muaro Jambi pada siswa kelas VIII A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari segi materi adalah 80,64% (valid) dan tingkat kevalidan dari segi desain adalah 80% (valid), tingkat kepraktisan oleh guru adalah 83,85% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan oleh siswa adalah 84,73% (sangat praktis), tingkat keefektifan berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir ktitis siswa (pre-test) 33,15 dan (post-test) 76,69 dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Berdasarkan data hasil uji coba kelompok besar dan perhitungan N-gain, hasil rata-rata Gain Score yang diperoleh sebesar 0,718 dengan persentase 71,8% termasuk kedalam kategori efektif. Sehingga, E-LKPD berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) menggunakan wizer.me efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu kelemahan dari E-LKPD ini yaitu menggunakan smartphone/laptop serta diakses melalui internet. Sehingga disarankan untuk menggunakan LKPD versi cetak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | INDRIYANI |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 01:36 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 01:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |