Azzahra, Farida (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING IDENTIFYING CONSTRUCTING SOLVING REVIEWING EXTENDING (RICOSRE) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TANJUNG JABUNG BARAT. S2 thesis, Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Tesis Faridaazzahra.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (416kB) |
Abstract
Farida Azzahra, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Reading Identifying Constructing Solving Reviewing Extending (RICOSRE) Terhadap Kemampuan Literasi Dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanjung Jabung Barat. Program Studi Magister Pendidikan IPA Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr. Evita Anggereini, M.Si. Pembimbing II. Dr. Yusnaidar, M.Si. Kemampuan literasi adalah kemampuan untuk menerapkan konsep, prinsip ilmiah, dan pemahaman dalam kehidupan sehari-hari. Mengintegrasikan keterampilan literasi sains ke dalam pembelajaran sangat penting. Melalui berpikir, memahami, dan bertindak dengan cara yang akurat secara ilmiah, keterampilan literasi tidak hanya meningkatkan pengetahuan ilmiah tetapi juga meningkatkan keterampilan proses. Keterampilan proses sains menuntut siswa untuk menganalisis, menciptakan sains, dan memperoleh pengetahuan melalui prosedur atau metodologi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reading identifying constructing solving reviewing extending (RICOSRE) terhadap kemampuan literasi dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem pencernaan ada manusia kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah preetest post-test control group design dengan pola desain penelitian quasi experiment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 siswa. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, lembar observasi, dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan dengan Analisis Manova. Berdasarkan hasil uji statistik pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap kemampuan literasi sains siswa diperoleh nilai sebesar 0,001< 0,05. Sedangkan keterampilan proses sains siswa diperoleh nilai signya sebesar 0,001<0,05, kesimpulannya bahwa model RICOSRE memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa dan keterampilan proses sains siswa SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Barat. Kata Kunci: RICOSRE, literasi sains, proses sains, & siswa.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Azzahra |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:45 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 13:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |