Nurizqi, Tiara (2023) Pengamatan Pembelajaran Lesson Study dengan Menggunakan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DRAF SKRIPSI 4.pdf Download (15MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan pembelajaran lesson study dengan menggunakan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA), dan pemanfaatan pembelajaran lesson study peserta didik setelah diterapkan pembelajaran menggunakan model discovery learning dan problem based learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Kota Jambi pada 6 Februari s/d 6 Maret 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Fase E-X7. Penelitian ini menggunakan penelitian mixed method (kuantitatif dan kualitatif) jenis desain penelitian yang digunakan adalah desain explantori sekuensial. Data penelitian kualitatif diperoleh berupa transkrip percakapan dalam pelaksanaan pembelajaran. Data penelitian kuantitatif diperoleh berupa data transkrip berupa sebuah tulisan aktivitas yang dilakukan peserta didik kelas X Fase E SMA Negri 3 Kota Jambi maupun guru. Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan bahwa ada beberapa poin yang belum sesuai dengan proses pembelajaran yang ada pada RPP. Dari hasil grafik transkrip pada gambar 4.4 bahwa masih banyak peserta didik yang kurang responsif selama pembelajaran berlangsung banyak peserta didik lainnya hanya mengamati saja. Jadi interaksi antara guru model dan peserta didik kurang baik. Untuk proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning sudah sesuai dengan langkah-langkah discovery learning. Pada siklus 2 menunjukkan bahwa sudah sesuai dengan proses pembelajaran yang ada pada RPP. Dari hasil grafik transkrip pada gambar 4.8 bahwa peserta didik sangat responsif selama pembelajaran berlangsung. Jadi interaksi antara guru model dan peserta didik sangat responsif. Untuk proses pembelajaran dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) sudah sesuai dengan langkah-langkah PBL (Problem Based Learning). Dari hasil penelitian ini disarankan guru model mencari cara agar peserta didik responsif dalam proses pembelajaran dan disamping itu hendaknya guru menerapkan pembelajaran yang lebih inovatif agar selama proses pembelajaran menjadi sangat responsif dan merasa pembelajaran yang menyenangkan. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang kondisi bagaimana responsifnya peserta didik di kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lesson study, transcript based lesson analysis (TBLA) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nurizqi |
Date Deposited: | 17 Jan 2024 04:47 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 04:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/60655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |