ANTECEDENT KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA DI PROVINSI JAMBI

HZ, Ridho Akbar. (2024) ANTECEDENT KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA DI PROVINSI JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover Tesis.pdf

Download (208kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Repository.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (952kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
ANTECEDENT KEPUTUSAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA DI PROVINSI JAMBI. Repository.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Antecedent Keputusan Berwirausaha pada Mahasiswa di Provinsi Jambi Ridho Akbar. HZ Email: ridhoakbarhz@gmail.com ABSTRAK Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, masih terdapat angka pengangguran yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang melambat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berfluktuasi rendah, dan dominanitas usia produktif. Membuka akses lapangan pekerjaan dengan menghadirkan wirausaha muda baru dan bertahan merupakan salah satu langkah strategis, hanya saja saat ini wirausaha muda baru serta bertahan masih jauh dari target seharusnya. Menghadirkan dan perlu memperluas kerjasama lintas sektor antara pendidikan tinggi, kurikulum, pemerintah, stakeholder, serta unsur terkait lainnya untuk menciptakan program-program yang dapat menstimulasi faktor internal dan eksternal diri individu sehingga menimbulkan sikap positif serta niat untuk berwirausaha. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian korelasional. Pengumpulan data dengan survei menggunaakan angket. Sampel pada penelitian ini sebanyak 310 mahasiswa negeri di Provinsi Jambi dengan kriteria populasi secara purposive sampling. Penelitian ini menunjukan bahwa direct effect variabel berpangaruh positif signifikan dengan koefisien nilai p-value lebih kecil dari 0.05, Hanya variabel media sosial terhadap keputusan berwirausaha yang tidak signifikan dengan koefisien nilai p-value lebih besar dari 0.05. Secara inderect effect Keseluruhan Niat Berwisusahaa dapat memediasi hubungan Media sosial dan Modal Psikologi terhadap Keputussan Berwirausaha berdasakan koefisien nilai p-value dibawah 0.05. Modal psikologi dan media sosial yang dimediasi niat berwirausaha memberikan pengaruh terhadap sikap serta keputusan untuk berwirausaha sehingga perlunya menghadirkan kolaborasi lintas sektor serta kerjasama strategis untuk menciptakan program tepat sasaran terkait wirausaha untuk mahasiswa. Kata Kunci : Modal Psikologi, Media Sosial, Niat berwirausaha, Keputusan Berwirausaha. Antecedents of Entrepreneurial Decision Making among Students in Jambi Province Ridho Akbar. HZ Email: ridhoakbarhz@gmail.com ABSTRACT Based on data from the Indonesian Central Statistics Agency (BPS), there remains a high unemployment rate, slowing economic growth, fluctuating Human Development Index (HDI), and dominance of the productive age group. Opening up job opportunities by fostering new and sustainable young entrepreneurs is a strategic step, yet the presence of and the sustainability of young entrepreneurs still fall short of the target. It is necessary to expand cross-sector collaboration between higher education, curriculum development, government, stakeholders, and other relevant entities to create programs that stimulate both internal and external factors within individuals, thus fostering a positive attitude and intention towards entrepreneurship. This study employs a descriptive quantitative method with a correlational research design. Data collection is done through survey using questionnaires. The sample consists of 310 public university students in Jambi Province selected purposively. The research shows that the direct effect variables have a significant positive influence with coefficients of p-value less than 0.05. Only the variable of social media on entrepreneurial decision-making is not significant with a coefficient of p-value greater than 0.05. Indirectly, the Overall Entrepreneurial Intent can mediate the relationship between Social Media and Psychological Capital on Entrepreneurial Decision-Making based on coefficients of p-values below 0.05. Social media and psychological capital, mediated by entrepreneurial intention, have an influence on attitudes and decisions to engage in entrepreneurship, underscoring the need for cross-sector collaboration and strategic partnerships to create targeted entrepreneurship programs for students. Keywords: Psychological Capital, Social Media, Entrepreneurial Intention, Entrepreneurial Decision Making

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modal Psikologi, Media Sosial, Niat berwirausaha, Keputusan Berwirausaha.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Ridho Akbar. HZ
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:19
Last Modified: 13 Mar 2024 03:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/61836

Actions (login required)

View Item View Item