Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022 FKIP Universitas Jambi

Puspita, Wahyu Nia and Arpizal, Arpizal and Dwijayanti, Novia Sri Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2022 FKIP Universitas Jambi. Jurnal Edu Sosial. ISSN 2809-0098

[img] Text
Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (436kB)

Abstract

Kata Kunci: kompetensi dosen, fasilitas belajar, kepuasan mahasiswa. Kepuasan mahasiswa memegang posisi penting dalam bidang pemasaran dan riset pelanggan. Kepuasan mahasiswa adalah elemen yang paling penting dan harus menjadi perhatian utama bagi lembaga perguruan tinggi negeri dan swasta, karena mahasiswa adalah agen utama dalam keberadaan lembaga. Dosen yang memiliki kompetensi tingkat tinggi memiliki kemampuan untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar yang efektif. Fasilitas memainkan peran penting dalam aktualisasi tujuan dan sasaran pendidikan dengan memenuhi kebutuhan fisik dan emosional dari staf dan mahasiswa di kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dan fasilitas belajar secara sendiri-sendiri atau parsial dan secara bersama-sama atau simultan terhadap kepuasan mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2022 FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan ex-post facto, secara harfiah berarti “setelah fakta” dan dalam bahasa Latin berarti “dari sesuatu yang dilakukan sesudahnya.” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan instrument yaitu berupa angket yang diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen (X1) dan Fasilitas Belajar (X2) terhadap Kepuasan Mahasiswa (Y) Pendidikan Ekonomi angkatan 2022 FKIP Universitas Jambi dengan hasil Fhitung lebih besar dari Ftabel atau 18,461 > 3,18 dengan besaran nilai Adjusted R Square 0,402 (40,2%). Hal ini berarti jika persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dan fasilitas belajar baik maka akan mendapatkan kepuasan mahasiswa yang baik. Begitu pula sebaliknya jika persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen dan fasilitas belajar kurang baik maka kepuasan mahasiswa belum meningkat pula.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Puspita
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:06
Last Modified: 15 Mar 2024 07:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62076

Actions (login required)

View Item View Item