Pengaruh Penerapan Literasi Digital Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa XI PIS MAN 1 Kota Jambi

Ratnasari, Desi and Ekawarna, Ekawarna and Sari, Nurmala Pengaruh Penerapan Literasi Digital Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa XI PIS MAN 1 Kota Jambi. Jurnal Edu Sosial. ISSN 2809-0098

[img] Text
BAB 5.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (459kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (344kB)

Abstract

Kata Kunci :Penerapan literasi digital, dukungan sosial teman sebaya, hasil belajar. Literasi digital adalah suatu penerapan mengenai mengaplikasikan teknologi digital, yang bertujuan agar peserta didik mampu dalam menggunakan teknologi informasi komunikasi (TIK) dengan sebaik mungkin. Dukungan sosial teman sebaya merupakan dukungan yang mengarah ke jiwa sosial, bertujuan memberikan informasi penting terhadap teman satu dan teman lainnya. Sedangkan hasil belajar adalah proses pembelajaran yang melibatkan komponen yang telah dirancang oleh tenaga pendidik (guru), dalam proses pembelajaran. Masalah yang ditemukan di MAN 1 Kota Jambi, berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti kepada siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi dengan melakukan wawancara kepada guru yang mengajar mata pelajaran ekonomi, didapat informasi bahwa selama proses pembelajaran luring, hasil belajar siswa terkhusus mata pelajaran ekonomi seperti nilai ulangan harian yang didapat siswa masih dikatakan kurang bahkan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penerapan literasi digital dan dukungan sosial teman sebaya secara sendiri-sendiri atau parsial dan secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa XI PIS MAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan ex-post facto. Data penelitian diambil menggunakan instrument yaitu berupa angket kepada siswa (responden) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan pertama, terdapat pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Kedua, Terdapat Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Ketiga, penerapan literasi digital dan dukungan sosial teman sebaya secara bersama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI PIS MAN 1 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratnasari
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:46
Last Modified: 18 Mar 2024 04:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62146

Actions (login required)

View Item View Item