KORELASI ANTARA KELANCARAN MEMBAC AL-QUR'AN DENGAN HASIL PEMBELAJARAN IMLA PADA SISWA KELAS VII MTsN 1 KOTA JAMBI

nadilla03, dilla (2024) KORELASI ANTARA KELANCARAN MEMBAC AL-QUR'AN DENGAN HASIL PEMBELAJARAN IMLA PADA SISWA KELAS VII MTsN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (651kB)
[img] Text
skripsi_nadillah.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nadillah, 2024. Korelasi anatara kelancaran membaca al-Qur’an dengan kemampuan pembelajaran imla’ siswa kelas VII MTsN 1 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa Dan Sastra, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Mohammad Muspawi, S.Pd.I.,M.Pd.I (2) Helmun Jamil, S.S.,M.A. Kata Kunci : al-Qur’an, Imla’, korelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelancaran membaca al-Qur’an , bagaimana kemampuan pembelajaran imla’ dan bagaimana korelasi antara kelancaran membaca al-Qur’an dengan kemampuan pembelajaran imla’. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kota Jambi pada Januari 2024. Data penelitian diperoleh dari Setelah melakukan pre-test dan post-test. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuntitatif yaitu penelitian yang bersifat korelasional dengan jenis penelitian ex post facto. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara kelancaran membaca al-Qur’an dengan kemampuan pembelajaran imla’ termasuk kategori sedang/cukup. Yaitu nilai koefisien korelasi sebesar 0,480 dapat di interpretasikan bahwa nilai tersebut berada dalam interval 0,41-0,60 dengan kriteria “Antara variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang”.Berdasarkan pada analisis kuantitatif korelatif dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kelancaran membaca al-Qur’an dengan kemampuan pembelajaran imla’. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat meningkatkan kembali pembiasaan membaca al-Qur’an dan juga menulis bahasa arab khusus nya dalam pembelajaran bahasa arab, agar siswa lebih lancar dan fasih dalam membaca maupun menulis bahasa arab karena keduanya saling berkaitan dan menjadi media yang paling mendasar dalam bahasa arab.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: al-Qur’an, Imla’, korelasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nadillah
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:29
Last Modified: 20 Mar 2024 03:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62248

Actions (login required)

View Item View Item