Iani Rahmadani Putri, Rani (2024) Pengaruh Penerapan Realistic Mathematics Education Immediate Positive Feedback dengan Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMPN 18 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (953kB) |
![]() |
Text
Hal persetujuan dan Hal pengesahan.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL A1C220046.pdf Download (28MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN-1.pdf Download (239kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang paham terhadap konsep dari materi yang sedang dipelajari. Penyajian soal dan materi yang masih jauh dari contoh-contoh nyata atau yang dapat dilihat atau dialami oleh siswa. Terlambatnya pemberian feedback kepada siswa dan rendahnya pengenalan terhadap tingkat kemampuan siswa yang berbeda juga turut serta mempengaruhi tingkat pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan RME Immediate Positive Feedback dengan pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Aritmetika Sosial kelas VII SMPN 18 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di kelas VII SMPN 18 Kota Jambi dengan posttest only control group design dan sampel terdiri dari 2 kelas yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dan posttest berupa lembar tes kemampuan akhir terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan RME Immediate Positive Feedback dengan pembelajaran berdiferensiasi pada materi aritmetika sosial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMPN 18 Kota Jambi yang didasarkan pada nilai signifikansi sebesar <0,001 dan memperoleh effect size sebesar 0,927 yang berada pada kategori efek besar (2) Indikator kemampuan pemahaman konsep matematis pada kelas eksperimen untuk indikator terkait kemampuan menyatakan ulang suatu konsep, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan terpenuhi tidaknya persyaratan membentuk konsep dan memberikan contoh dan bukan contoh suatu konsep berada pada tingkat pemahaman yang sangat baik dan indikator kemampuan menerapkan dan mengaitkan suatu konsep dengan konsep lainnya berada pada tingkat pemahaman yang kurang. Sementara itu, pada kelas kontrol diketahui bahwa indikator mengenai menyatakan ulang suatu konsep, memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep berada pada tingkat pemahaman yang baik, untuk indikator kemampuan mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan terpenuhi tidaknya persyaratan membentuk konsep pada tingkat pemahaman yang sangat baik dan indikator yang berkenaan dengan kemampuan menerapkan dan mengaitkan suatu konsep dengan konsep lainnya berada pada tingkat pemahaman yang kurang.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 03:33 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 03:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62271 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |