Nursidiq, Armin (2024) Pengembangan Media Interaktif Android Studio Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 23 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nursidiq, Armin. 2023. Pengembangan Media Interaktif Android Studio Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 23 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd. (II) Dona Sariani, S.Pd.,M.Pd Kata kunci: Media pembelajaran, Media Interaktif, Minat Belajar, Android Studio Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas VII SMP Negeri 23 Muaro Jambi. Masalah yang terdapat dalam penulisan ini guru belum menerapkan media pembelajaran yang menarik serta inovatif untuk menumbuhkan minat belajar siswa, maka di butuhkan media yang sesuai bagi siswa dan guru dalam pembelajaran PPKn, hampir semua siswa di kelas VII SMP Negeri 23 Muaro Jambi memiliki Smartphone Android, dari sinilah peneliti tertarik untuk mengembangkan media interaktif Android Studio guna meningkatkan minat belajar siswa. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran interaktif Android Studio pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMP Negeri 23 Muaro Jambi. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan) dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dengan pemberian tes untuk mengetahui minat belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, respon guru dan respon siswa serta tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar pada kegiatan akhir pembelajaran diperoleh 23 orang siswa yang nilainya tuntas dan hanya 3 orang siswa yang tidak tuntas dari jumlah 26 orang. Sehingga dapat diperoleh persentase 91% siswa yang mencapai ketuntasan. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dibuat dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa sehingga media pembelajaran Interaktif Android Studio bisa digunakan oleh guru dan siswa di Kelas VII SMP Negeri 23 Muaro Jambi khususnya pada mata pelajaran PPKn dengan materi Proklamasi Kemerdekaan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Media Interaktif, Minat Belajar, Android Studio |
Subjects: | D History General and Old World > DS Asia L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | NURSIDIQ |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 04:51 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 04:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62494 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |