Anelka, Laurent Descham (2024) Uji Validitas Isi Modul Penerapan Token Ekonomi Dalam Mengurangi Perilaku Agresif Pada Anak Tuna grahita Ringan di SLBN SRI SOEDEWI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK_LAURENT DESCHAM ANELKA.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB I_LAURENT DESCHAM ANELKA.pdf Download (434kB) |
![]() |
Text
BAB V_ LAURENT DESCHAM ANELKA.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI_LAURENT DESCHAM.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_LAURENT DESCHAM ANELKA.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (664kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_LAURENT DESCHAM.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
Abstract
UJI VALIDITAS ISI MODUL PENERAPAN TOKEN EKONOMI DALAM MENGURANGI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLBN SRI SOEDEWI Laurent Descham Anelka1, Jelpa Periantalo2, Annisa Andriani3 1Jurusan Psikologi, Universitas Jambi/ laurentdescham16@gmail.com 2Jurusan Psikologi, Universitas Jambi/ jelp.8479@unja.ac.id 3Jurusan Psikologi, Universitas Jambi/ annisa.andriani@unja.ac.id ABSTRAK LATAR BELAKANG : Permasalahan utama yang sering muncul pada anak tunagrahita ringan adalah perilaku agresif. Anak tunagrahita sering kali menyakiti temannya baik secara fisik ataupun verbal. Perilaku ini sering kali membahayakan temannya dan apabila terus dibiarkan akan menimbulkan dampak yang lebih besar. Salah satu cara mengurangi perilaku agresif adalah dengan menggunakan teknik token ekonomi, akan tetapi belum banyak guru yang mengetahui tahapan dalam pelaksanaannya, serta belum banyak guru yang mengetahui manfaatnya. Hal inilah yang melatarbelakangi penyusunan modul penerapan token ekonomi dalam mengurangi perilaku agresif pada anak tunagrahita ringan. TUJUAN : Untuk mengetahui validitas isi modul penerapan token ekonomi dalam mengurangi perilaku agresif pada anak tuna grahita ringan di SLBN Sri Soedewi METODE : Penelitian ini berjenis uji validitas isi modul dengan anak tunagrahita ringan tingkat Sekolah Dasar di SLB Negeri Sri Soedewi sebagai subjek penelitian. Teknik penilaian menggunakan metode Aiken’s V yang dinilai oleh satu validator dari bidang Psikologi Klins, satu validator dari bidang Psikologi pendidikan dan satu Guru kelas. HASIL : Penelitian ini menunjukkan validasi isi modul memiliki angka skor v dengan rentang 0,66 hingga 0,75. Hasil validasi alat ukur memiliki rentang angka skor V bergerak dari 0,83 hingga 0,91. Berdasarkan hasil uji validitas isi, modul penerapan token ekonomi ini dinyatakan valid secara isi dengan beberapa saran perbaikan dari validator. penggunaanya. KESIMPULAN : Modul penerapan token ekonomi dalam mengurangi perilaku agresif pada anak tunagrahita ringan dapat disimpulkan valid. KATA KUNCI : Uji validitas isi, modul, token ekonomi, anak tunagrahita, perilaku agresif. CONTENT VALIDITY TEST OF THE MODULE ON THE APPLICATION OF TOKEN ECONOMY IN REDUCING AGGRESSIVE BEHAVIOR IN MILD TUNAGRAHITA CHILDREN AT SLBN SRI SOEDEWI Laurent Descham Anelka1, Jelpa Periantalo2, Annisa Andriani3 1 Department of Psychology, Jambi University/ laurentdescham16@gmail.com 2 Department of Psychology, Jambi University/ jelp.8479@unja.ac.id 3 Departmentof Psychology, Jambi University/ annisa.andriani@unja.ac.id ABSTRACT BACKGROUND: The main problem that often arises in mildly retarded children is aggressive behavior. Mentally retarded children often hurt their friends either physically or verbally. This behavior often endangers their friends and if left unchecked will have a greater impact. One way to reduce aggressive behavior is to use the token economy technique, but not many teachers know the stages of implementation, and not many teachers know the benefits. This is the background of the preparation of the module on the application of token economy in reducing aggressive behavior in mildly disabled children. OBJECTIVES: To determine the content validity of the module on the application of token economy in reducing aggressive behavior in children with mild impairment at SLBN Sri Soedewi. METHODS: This research is a type of module content validity test with mildly impaired children at the elementary school level at SLB Negeri Sri Soedewi as the research subject. The assessment technique used the Aiken's V method which was assessed by one validator from the field of Clins Psychology, one validator from the field of Educational Psychology and one class teacher. RESULTS: This study shows that the module content validation has a v score with a range of 0.66 to 0.75. The results of measuring instrument validation have a range of V score numbers moving from 0.83 to 0.91. Based on the results of the content validity test, this token economy application module is declared content valid with some suggestions for improvement from the validator. use. CONCLUSIONS: The module on the application of token economy in reducing aggressive behavior in mildly disabled children can be concluded as valid. KEY WORDS: Content validity test, module, token economy, children with intellectual disabilities, aggressive behavior.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content validity test, module, token economy, children with intellectual disabilities, aggressive behavior. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | Anelka |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 05:05 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 05:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |