WAHYUNI, DWI PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS DENGAN BERMAIN AIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 4 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN SAINS DENGAN BERMAIN AIR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 4 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
cover.docx Download (64kB) |
![]() |
Text
pengesahan.docx Download (350kB) |
![]() |
Text
daftar isi.docx Download (25kB) |
![]() |
Text
2. BAB I.docx Download (32kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Wahyuni. 2018. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Sains dengan Bermain Air terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 4 Kota Jambi”. Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si dan pembimbing (II) Dr. KA Rahman, S.Ag, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran Sains, Berpikir Kreatif Dari hasil pengamatan peneliti di Kelas B4 TK ABA 4 Kota Jambi terlihat kemampuan berpikir kreatifnya masih belum optimal. Masih belum berkembangnya kemampuan berpikir kreatif anak terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung, dimana anak belum mampu memecahkan permasalahannya dan belum bisa menuntaskan kegiatan yang dilakukan pada saat pembelajaran. Pada saat pembelajaran berlangsung kurangnya pemunculan ide-ide kreatif dari anak. Tujuan diadakannya penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pembelajaran Sains dengan Bermain Air terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABA 4 Kota Jambi. Dengan adanya penerapan pembelajaran sains anak-anak dapat memecahkan permasalahannya pada saat pembelajaran dan dapat memberikan pemikiran kreatif mereka dengan memunculkan ide atau gagasan barunya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Adapun jenis metode eksperimen yang digunakan adalah jenis penelitian Pre-Experiment dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilaksanakan di TK ABA 4 Kota Jambi. Populasi penelitian ialah anak Kelas B4 yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes awal dan tes akhir dengan penyebaran angket. Setelah semua data didapatkan, data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test, dan untuk mengetahui besar pengaruh dalam penelitian ini menggunakan rumus effect size. Hasil uji Wilcoxon Match Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5%, dimana Zhitung > Ztabel (3,919 > 1,96), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran sains dengan bermain air terhadap kemampuan berpikir kreatif anak usia 5-6 tahun. Besar pengaruh dalam penelitian ini yang diperoleh dari rumus effect size adalah 0,54, berdasarkan dari tabel interpretasi nilai Cohen’s d maka pengaruhnya tergolong moderate effect (sedang). Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran sains dengan bermain air memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif anak B4 di TK ABA 4 Kota Jambi. KATA PENGATAR
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DWI WAHYUNI |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 06:46 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 06:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6282 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |