SANTI, DESMINA ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BALOK DI TK KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI. JURNAL ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BALOK DI TK KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI.
![]() |
Text
COVER.docx Download (53kB) |
|
![]() |
Image
gambar pengesahan Download (96kB) |
|
![]()
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (96kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
![]() |
Text
BAB 1.docx Download (47kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Santi, Desmina. 2018. Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Sentra Balok di TK Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Skiripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Nyimas Muazzomi S. Ag., M.Pd.I dan Pembimbing II Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si. Kata Kunci : Analisis, Model Pembelajaran Sentra Balok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pelaksanaan model pembelajaran sentra balok di TK Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, serta menganalisis pelaksanaan model pembelajaran sentra balok dalam hal persiapan, penataan lingkungan, pijakan awal, saat main balok,berkemas, dan mengingat kembali. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru sentra balok yang berada di kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tehnik pengumpulan data yaitu angket, obervasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diolah secara keseluruhan dihasilkan bahwa analisis pelaksanaan model pembelajaran sentra balok di TK Kecamatan Jambi Luar Kota berada pada kualitas “Baik”. Terbukti dari hasil rata-rata bobot angket, observasi dan wawancara sebesar 86%. Dari hasil analisis data tersebut berdasarkan indikator, dapat disimpulkan analisis pelaksanaan model pembelajaran sentra balok dalam hal persiapan guru berada pada kualitas “Sangat Baik” dengan rata-rata angket, observasi, dan wawancara sebesar 89%, dalam hal penataan lingkungan berada pada kualitas “Baik” dengan hasil rata-rata angket, observasi serta hasil wawancara sebesar 82%, dalam hal pijakan awal berada pada kualitas “Sangat Baik” dengan hasil angket, observasi dan juga wawancara sebesar 93%, dalam hal saat main balok berada pada kualitas “Sangat Baik” dengan hasil angket, observasi, dan wawancara sebesar 90%, dalam hal berkemas berada pada kualitas “Sangat Baik” dengan hasil angket, observasi, serta wawancara sebesar 96%, dan pada mengingat kembali berada pada kualitas “Baik” dengan hasil angket, observasi, serta wawancara sebesar 79%. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memacu semangat para guru dan lembaga untuk dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan model pembelajaran sentra balok yang lebih baik lagi kedepannya. Selain itu, para guru di harapkan mampu memenfaatkan sarana prasana yang ada sebaik mungkin.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DESMINA SANTI |
Date Deposited: | 11 Dec 2018 06:47 |
Last Modified: | 11 Dec 2018 06:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |