Analisis Pola Interaksi dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Transcript Based Lesson Analysis di MAS Laboratorium Melalui Pengamatan Rekaman Video Pembelajaran

Anggraini, Clarissa Nur (2024) Analisis Pola Interaksi dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Transcript Based Lesson Analysis di MAS Laboratorium Melalui Pengamatan Rekaman Video Pembelajaran. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (435kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang efektif dipengaruhi oleh beberapa faktor, pola interaksi serta keterlaksanaan RPP menjadi dua faktor yang mendukung proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola interaksi dan keterlaksanaan RPP materi fluida statis dalam proses pembelajaran fisika di MAS Laboratorium. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode transcript based lesson analysis melalui pengamatan rekaman video pembelajaran. Rekaman video pembelajaran diperoleh dari PPG Universitas Jambi. Hasil yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui analisis TBLA dapat diketahui pola interaksi dalam proses pembelajaran dan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan RPP yang dirancang. Pola interaksi dalam proses pembelajaran fisika materi fluida statis di MAS Laboratorium pada pertemuan 1 maupun pertemuan 2 terjadi pola interaksi dua arah dan multi arah. Pola interaksi yang terjadi sesuai dengan metode pembelajaran yang telah direncanakan di dalam RPP materi fluida statis. Keterlaksanaan proses pembelajaran berdasarkan RPP materi fluida statis di MAS Laboratorium masih terdapat beberapa ketidaksesuaian. Baik pada pertemuan 1 maupun pada pertemuan 2. Terdapat beberapa kegiatan pembelajaran yang tidak terlaksana. Ketidaksesuaian yang terlihat jelas adalah ketidaksesuaian alokasi waktu.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TBLA, rekaman video pembelajaran, pola interaksi, keterlaksanaan proses pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Anggraini
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:49
Last Modified: 19 Jul 2024 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63047

Actions (login required)

View Item View Item