DAYAT, MUHAMMAD HI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS APLIKASI ADOBE EXPRESS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (577kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (145kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya penggunaan media terbaru dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran sejarah. Banyak hal yang menarik dalam menggunakan media yang berbasis digital pada era sekarang ini, sehingga membuat siswa tidak tertarik karena media yang itu-itu saja diterapkan, maka hal itu siswa menjadi kurang peningkatan dalam kemampuan berpikir kritisnya. Dalam perkembangan teknologi yang terus berubah waktu demi waktu bisa kita terapkan sebuah media pembelajaran yang menarik dalam pendidikan agar mempermudahkan dalam proses pembelajaran khususnya dalam mata pelajaran sejarah. Dengan dibentukanya sebuah pengembangan media pembelajaran ini supaya bisa membantu para pendidik dan juga siswa untuk memahami materi dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media poster berbasis aplikasi Adobe Express untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan (Research & Development) yang menggunakan Model ADDIE dengan tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini dengan melakukan uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini 1) Menghasilkan produk berupa media poster menggunakan aplikasi Adobe Express. 2) Efektivitas penggunaan produk media poster berbasis aplikasi Adobe Express untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis belajar sejarah. Terdapat beberapa hasil diantaranya melalui hasil validasi ahli materi dengan skor persentase 96% (Sangat Layak) dan validasi ahli media dengan skor 97,5% (Sangat Layak). Menunjukkan media poster berbasis aplikasi Adobe Express layak digunakan dan uji cobakan kepada siswa. Setelah itu hasil yang diperoleh dalam melihat respon siswa ialah dengan rata-rata nilai 1.898 dengan persentase 81,1% (Sangat Layak) melalui hasil ini media poster dikategorikan sangat layak. Hasil perhitungan data menggunakan SPSS V26. Dalam penelitian ini juga menunjukkan bahwa perolehan taraf signifikansi > 0,05 pada uji kesetaraan serta uji efektivitas Sig 2-tailed < 0,025. Artinya media ini efektif digunakan serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis belajar sejarah siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Poster, Aplikasi Adobe Express, Kemampuan Berpikir Kritis Belajar Sejarah Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LD Individual institutions (United States) |
Depositing User: | Hidayat |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 01:57 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 01:58 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |