Dinata, Dimas Dwi (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DAN ENERGI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DAN ENERGI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
COVER.pdf - Published Version Download (99kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DAN ENERGI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (435kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DAN ENERGI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (179kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DAN ENERGI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
BAB I.pdf - Published Version Download (218kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DAN ENERGI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version Download (183kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DAN ENERGI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (192kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SOFTWARE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD ZAT DAN ENERGI UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, tingkat validitas, dan kepraktisan multimedia pembelajaran interaktif berbasis software pada materi perubahan wujud zat dan energi untuk kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 14/I Sungai Baung pada tanggal 27 Februari sampai 27 Maret 2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan Lee dan Owens. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: studi literatur, observasi dan wawancara bersama kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas IV, tingkat validitas produk didapatkan dari hasil validasi ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Tingkat kepraktisan produk didapatkan dari hasil angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan menggunakan model Lee dan Owens terdiri dari empat tahapan, yaitu Penilaian dan analisis (meliputi penilaian kebutuhan dan analisis awal-akhir), desain (meliputi perencanaan jadwal penelitian, struktur pembelajaran, spesifikasi produk, dan pembuatan storyboard), pengembangan dan implementasi (meliputi validasi produk oleh ahli media, materi dan bahasa, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar), evaluasi (menyimpulkan tingkat kepraktisan dari produk). Tingkat validitas media mendapat nilai rata-rata 4,9 dan berada pada tingkat “sangat valid”, dengan persentase 98%. Tingkat validitas materi mendapat nilai rata-rata 4,7 dan berada pada tingkat “sangat valid”, dengan persentase 94%. Tingkat validitas bahasa mendapat nilai rata-rata 4,9 dan berada pada tingkat “sangat valid”, dengan persentase 98%. Adapun tingkat kepraktisan produk multimedia pembelajaran interaktif dari guru mendapatkan nilai rata-rata 4,8 dan berada pada tingkat “sangat praktis”, dengan persentase 96%. Adapun tingkat kepraktisan dari peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 4,9 dan berada pada tingkat “sangat praktis”, dengan persentase 98%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah multimedia pembelajaran interaktif berbasis software pada materi perubahan wujud zat dan energi untuk kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif, Software, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DINATA |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:04 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |