Kendala Guru dalam Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Kondusif pada Sekolah Penggerak

Rahman, Nur Anisa (2024) Kendala Guru dalam Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Kondusif pada Sekolah Penggerak. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (KENDALA GURU DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF PADA SEKOLAH PENGGERAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (KENDALA GURU DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF PADA SEKOLAH PENGGERAK)
BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (KENDALA GURU DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF PADA SEKOLAH PENGGERAK)
BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (KENDALA GURU DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF PADA SEKOLAH PENGGERAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (KENDALA GURU DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF PADA SEKOLAH PENGGERAK)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (KENDALA GURU DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF PADA SEKOLAH PENGGERAK)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (KENDALA GURU DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF PADA SEKOLAH PENGGERAK)
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (312kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru kelas IV dalam mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif pada sekolah penggerak. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 198/I Pasar Baru pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik. Uji validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV SDN 198/I Pasar Baru menghadapi beberapa kendala dalam mewujudkan lingkungan belajar yang kondusif baik lingkungan fisik maupun lingkungan psikososial. Lingkungan fisik seperti ruang kelas yang kurang nyaman, serta sarana dan prasarana yang tidak memadai sehingga kondusifitas iklim belajar menjadi tidak terpenuhi. Lingkungan psikososial meliputi kurangnya dukungan orang tua terhadap pendidikan sehingga sulit untuk membangun komunikasi yang baik antara guru dan orang tua. Hal tersebut memberikan dampak yang signifikan terhadap kondisi akademik dan kondisi psikososial peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan disarankan untuk kedepannya warga sekolah mampu menentukan alternatef solusi untuk mengatasi berbagai kendala tersebut. Diharapkan hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi penulis dan peneliti selanjutnya.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kendala, guru, lingkungan belajar, kondusif, sekolah penggerak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: RAHMAN
Date Deposited: 02 May 2024 02:45
Last Modified: 02 May 2024 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63199

Actions (login required)

View Item View Item