Damai Yanti, Yohana (2024) Analisis Literasi Digital dan Budaya Belajar Mahasiswa Prodi Administrsi Pendidikan dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (411kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
YOHANA DAMAIYANTI PURBA...pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan yang sedang dihadapi adalah mahasiswa lulus tidak tepat waktu diantaranya: Ketergantungan Teknologi: Masih terdapatnya mahasiswa yang cenderung menghabiskan banyak waktu di media sosial daripada fokus pada penelitian tugas akhir. Keterampilan literasi digital yang Beragam. Hambatan Akses Informasi: Beberapa mahasiswa menghadapi kesulitan dalam mengakses sumber daya digital yang relevan untuk penelitian mereka. Kurangnya Interaksi dan Diskusi: Budaya belajar yang cenderung pasif membuat mahasiswa kurang berinteraksi dengan teman sejawat dan dosen,yang bisa mempengaruhi pemahaman dan kualitas penelitian mereka. Serta kurangnya motivasi dari internal maupun eskternal. Tujuan penelitian ini adalah untuk, mendeskripsikan analisis literasi digital dan budaya belajar mahasiswa Prodi Administrasi Pendidikan dalam menyelesaikan tugas akhir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah ketua program studi administrasi pendidikan, kemudian beberapa mahasiswa akhir program studi administrasi pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Literasi digital mahasiswa akhir program studi administrasi pendidikan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan website untuk mencari data informasi tugas akhir, pemanfaatan e-learning, dan aplikasi yang menunjang lain. (2) Budaya belajar mahasiswa akhir program studi administrasi pendidikan tercipta oleh pola kebiasaan dan perilaku belajar siswa. Kebiasaan belajar mahasiswa yaitu dengan membuat target yang ingin dicapai, mengalokasikan waktu untuk mencari bahan data dan kemudian membuat tugas akhir. Sedangkan perilaku belajar mahasiswa yaitu ada yang suka belajar secara kelompok dan ada yang senang belajar secara mandiri. Tergantung kepada mahasiswa itu sendiri. (3) Faktor pendukung dan penghambat literasi digital yaitu faktor pendukung mahasiswa yang melek akan teknologi. Tersedianya wifi gratis di kampus, adanya dukungan orang tua, dan mahasiswa mempunyai handphone untuk dapat mengakses literasi digital dimanapun. Faktor penghambatnya belum meratanya akses internet bagi mahasiswa yang tinggal di daerah terpencil. (4) faktor yang mempengaruhi budaya belajar yaitu dari diri mahasiswa itu sendiri dan dari luar mahasiswa itu sendiri. The problems being faced are students not graduating on time, including: Technology Dependence: There are still students who tend to spend a lot of time on social media rather than focusing on final assignment research. Diverse digital literacy skills. Information Access Barriers: Some students face difficulties in accessing digital resources relevant to their research. Lack of interaction and discussion: A learning culture that tends to be passive makes students interact less with peers and lecturers, which can affect their understanding and the quality of their research. As well as a lack of internal and external motivation. The aim of this research is to describe the analysis of digital literacy and learning culture of Educational Administration Study Program students in completing their final assignments. This research uses qualitative methods and a case study approach. The research subjects were the head of the educational administration study program, then several final students of the educational administration study program. The research results show that: (1) The digital literacy of students at the end of the educational administration study program is quite good. This can be seen from the use of websites to search for information on final assignments, the use of e-learning, and other supporting applications. (2) The learning culture of students at the end of the educational administration study program is created by patterns of student learning habits and behavior. Students' study habits include making targets to be achieved, allocating time to search for data materials and then making a final assignment. Meanwhile, student learning behavior is that some like to study in groups and some like to study independently. Depends on the student himself. (3) Supporting and inhibiting factors for digital literacy, namely supporting factors for students who are technologically literate. There is free wifi available on campus, there is parental support, and students have cellphones to be able to access digital literacy anywhere. The inhibiting factor is the uneven distribution of internet access for students living in remote areas. (4) factors that influence learning culture, namely from the students themselves and from outside the students themselves.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Literacy, Learning Culture, and Final Project. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | PURBA |
Date Deposited: | 03 May 2024 07:04 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 02:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |